Polda DIY Naik Status Menjadi Tipe A

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menaikkan status Polda DIY dari Tipe B menjadi Tipe A pada 7 Desember 2018 di Mapolda DIY Jalan Ring Road Utara, Sleman, DIY.

Keputusan perubahan Tipe B ke Tipe A ini berdasarkan Surat Keputusan Kenaikan, Markas Polri Keputusan Kapolra 1798/XI/2018. ?

Dalam sambutannya Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pengukuhan atau kenaikan tingkat dari Tipe B ke Tipe A ini atas kajian Mabes Polri bersama dengan Kemenpan RB yang menyatakan layak menjadi Tipe A.

“Dengan kenaikan tipe ini maka pimpinan Polda DIY yang sebelumnya berpangkat bintang satu maka saat ini dipimpin berpangkat bintang dua,” kata Tito di Yogyakarta, Jumat 7 Desember 2018.

Sejumlah pertimbangan Polda DIY layak menjadi Tipe A diantaranya, dinamika yang sangat luar biasa tinggi, pembangunan berkembang pesat, jumlah penduduk bertambah banyak.

“Saat ini tidak lagi melihat batas DIY dan Jateng apalagi jika nantinya bandara baru beroperasi maka mobilitas masyarakat dan logistik keluar masuk serta DIY akan menjadi ikon penting destinasi wisata internasional,” ujarnya.

DIY kata Tito juga banyak perguruan tinggi yang terkenal serta tempat bagi mahasiswa untuk mengambil gelar master. Di sisi lain DIY bukan lagi menjadi metropolitan namun menjadi megapolitan sehingga harus diimbangi dengan mekanisme manajemen yang baik dengan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), aksi unjuk rasa hingga kemacetan lalu lintas.

“Untuk penciptaan kamtibmas yang lebih baik maka perlu penguatan menjadi Tipe A,” ucapnya.

Dalam akhir sambutannya Tito juga berharap kerja sama dan dukungan dari semua pihak dan bahkan kritik yang membangun demi kebaikan Polda DIY karena Polda bukan milik Mabes Polri namun milik semua masyarakat.

“Mabes Polri tentunya siap membantu agar Polda DIY mencapai target-target dengan kenaikan menjadi Tipe A ini tercapai,” ucapnya.? (lis)

Related posts

Leave a Comment