Polres Banjar Kalsel pelopor ramah anak

Martapura (ANTARA News) – Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, jadi pelopor Polres ramah anak di Indonesia melalui inovasi non Informasi Teknologi (IT) yang diberi nama Kami Bina Anak Menjadi Pintar (Kabinaktar).

Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Takdir Mattanete di Martapura, Sabtu mengatakan, program dijalankan Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) dan sudah berjalan satu tahun.

“Kegiatan Kabinaktar diawali dengan menumbuhkan minat baca anak-anak melalui perpustakaan ceria di pojok Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura,” ujar pembina Kabinaktar itu.

Menurut Kapolres didampingi Kasat Binmas AKP Amalia Afifi, Polres Banjar makin siap dengan sebutan Polres ramah anak dan menjadi kandidat satu-satunya di Indonesia menyandang predikat itu.

Dijelaskan, manfaat yang diterima anak-anak dalam program Kabinaktar bukan sekarang, tetapi di masa depan saat dewasa sehingga mereka bisa jadi pemimpin karena diajari sejak kecil.

“Kami yakin, anak-anak akan menjadi generasi penerus yang baik, apalagi mereka mendapat beragam pengetahuan dalam program Kabinaktar sehingga bisa menjadi calon pemimpin,” ungkapnya.

Ditambahkan Kasat Binmas, kegiatan yang dipilih awalnya olahraga dipusatkan di RTH Ratu Zalecha tetapi sepi kurang diminati sehingga dicari alternatif dan dipilih perpustakaan ceria.

Dijelaskan, melihat tingginya minat anak-anak sehingga kegiatan semakin dikembangkan dan setiap kegiatan yang berkaitan dengan anak-anak dipusatkan di halaman Mapolres Banjar.

“Kegiatan yang dilaksanakan seperti pengetahuan lalu lintas, baris berbaris, Saka Bhayangkara dan Marching Band sehingga memunculkan ide menjadikan Polres ramah anak,” ungkapnya.

Dikatakan Kasat, Polres ramah anak merupakan satu-satunya di Indonesia dan terobosan itu disampaikan ke kapolres hingga mengajak pemerintah daerah untuk berpartisipasi.

“Kami bersyukur karena Pemkab Banjar mendukung kegiatan sehingga kapolres akhirnya mencanangkan Polres Banjar menjadi polres ramah anak yang pertama di Indonesia,” ujarnya.

Disebutkan, selain di halaman Polres Banjar yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani km 39 Martapura, dua lokasi lain yakni di halaman kepolisian sektor juga dijadikan pusat kegiatan.

“Kegiatan Kabinaktar semakin banyak dan beragam. Jumlah anak yang terlibat awalnya hanya puluhan, sekarang sudah mencapai 350 orang,” ucap mantan Kapolsek Martapura Kota itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2018

Related posts

Leave a Comment