Presiden Venezuela tuduh AS lakukan upaya kudeta

Muhammed Emin Canik

CARACAS

Presiden Venezuela menyalahkan pemerintah AS, Rabu, karena mengatur upaya kudeta terhadap negaranya.

Berbicara pada acara May Day di ibu kota Caracas, Nicolas Maduro mengatakan sebuah surat kabar Eropa telah melaporkan bahwa Presiden AS Donald Trump dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton mengoordinasikan semua operasi upaya kudeta militer.

Maduro mengatakan Venezuela telah menggagalkan upaya kudeta itu di mana Washington juga tidak berhasil menggulingkan mantan Presiden Hugo Chavez dan juga tidak bisa menjatuhkan dirinya.

Dia menambahkan bahwa AS tidak akan pernah bisa membawa presiden boneka ke Istana Presiden Miraflores di Caracas.

Venezuela telah diguncang oleh protes sejak 10 Januari, ketika Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang diboikot oleh oposisi.

Ketegangan meningkat ketika Juan Guaido, yang mengepalai Majelis Nasional Venezuela, menyatakan dirinya sebagai presiden pada 23 Januari, sebuah langkah yang didukung oleh AS dan banyak negara Eropa dan Amerika Latin.

Rusia, Turki, Cina, Iran, Bolivia, dan Meksiko telah menyatakan dukungan untuk Maduro.

Guaido memposting pernyataan video di media sosial Selasa yang menunjukkan dia berdiri di samping kontingen kecil personil militer berseragam dan kendaraan lapis baja di mana dia menyerukan pemberontakan untuk mengakhiri kekuasaan Maduro.

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). . Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment