Ramai Beredar Foto Bingkisan Paslon 02 Berisi Uang di Solo

JawaPos.com – Sebuah foto yang menggambarkan adanya dugaan money politic ramai beredar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Ada yang menyebut bahwa foto bingkisan yang berisi kaos bergambar Prabowo-Sandi, kipas, gelang berwarna biru dan uang Rp 200 ribu itu beredar di wilayah Gilingan, Banjarsari, Solo. Mendapatkan informasi ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung menindaklanjuti hal tersebut.

Salah seorang warga Kampung Cinderejo Lor RT 02 RW 06, Gilingan, Banjarsari, Solo, Yati, menyampaikan, dirinya memang sempat mendapatkan foto tersebut. Akan tetapi, dirinya tidak bisa memastikan apakah peredaran dugaan money politic itu benar terjadi di wilayahnya.

“Saya juga sempat mendapatkan foto itu, memang sudah beredar melalui pesan WA. Tapi saya juga tidak tahu siapa yang menyebarkan foto tersebut,” ucapnya, Jumat (22/3).

Tetapi, Yati agak meragukan kejadian tersebut ada di wilayahnya. Karena, jika memang benar ada dugaan money politic, pastilah sudah ramai menjadi perbincangan. Dan dirinya pun juga mengecek ke tetangga, dan tidak ada yang mengetahui temuan itu.

“Saya juga sudah cek ke tetangga, tapi tidak ada yang tahu. Kalau memang benar ada itu, pasti Bawaslu sudah bertindak,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Penindakkan Pelanggaran Bawaslu Solo, Poppy Kusuma mengatakan, bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai foto tersebut. Bahkan Poppy mengaku, baru mengetahui adanya informasi tersebut dari media.

“Kami malah belum mendapatkan informasi itu, baru dari rekan media. Tapi saya sudah perintahkan kepada Panwascam Banjarsari untuk melakukan pengecekan di lapangan dan memastikan kebenaran dari foto yang beredar tersebut,” ucapnya. Poppy menambahkan, jika itu benar terjadi dipastikan sebagai pelanggaran UU Pemilu.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso menegaskan bahwa timnya tidak mungkin menggunakan uang. “Duite ra ono, gimana?,” ucapnya singkat.

Editor : Sari Hardiyanto
Reporter : Ari Purnomo

#pilpres 2019 #prabowo sandi #bingkisan uang #money politic #solo

Original Source

Related posts

Leave a Comment