Rapat keamanan bocor, Menteri pertahanan Inggris dipecat

Ahmet Gurhan Kartal

LONDON

Menteri pertahanan Inggris dipecat pada Rabu setelah kontrak yang melibatkan produsen ponsel China Huawei bocor, menurut sebuah pernyataan pemerintah.

“Perdana menteri malam ini meminta Gavin Williamson untuk meninggalkan pemerintahan, setelah kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk melakukan peran menteri pertahanan dan sebagai anggota kabinet,” kata pernyataan itu.

Keputusan May diambil menyusul adanya laporan bahwa Williamson bertanggung jawab atas kebocoran pertemuan Dewan Keamanan Nasional tentang keterlibatan Huawei dalam jaringan 5G UK.

Penyelidikan atas kebocoran tersebut dilakukan setelah munculnya kekhawatiran para menteri soal rencana memberikan Huawei akses untuk membantu membangun jaringan 5G baru di Inggris.

“Perdana menteri berterima kasih kepada semua anggota Dewan Keamanan Nasional atas kerja sama dan keterbukaan penuh mereka selama penyelidikan dan menganggap masalah ini sudah ditutup,” tambah pernyataan itu.

Gavin Williamson diangkat menjadi menteri pada 2017, menggantikan Sir Michael Fallon.

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). . Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment