Revitalisasi 5 Ribu Pasar Rakyat Ditarget Tercapai Tahun Ini

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) menargetkan akan merevitalisasi 1.037 pasar rakyat pada 2019. Sepanjang 2015 hingga 2018, Kemendag telah merevitalisasi 4.211 pasar rakyat. Dengan tambahan yang ditetapkan pada tahun ini, artinya, akan ada 5.428 unit pasar rakyat yang akan direvitalisasi.

Adapun, secara total, dalam lima tahun, target yang ditetapkan pemerintah adalah bisa memperbaiki atau membangun lima ribu pasar rakyat. “Jadi, tahun ini target itu tercapai,” ujar Mendag Enggartiasto Lukita di Jakarta, Kamis (10/1).

Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih mengungkapkan tujuan utama dari revitalisasi pasar adalah untuk memberikan kenyamanan kepada para penjual dan pembeli yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi setiap hari.

Dari sebanyak empat ribu lebih pasar yang telah diperbarui, Karyanto menyatakan, secara rata-rata, terdapat kenaikan transaksi hingga di atas 100%.

“Revitalisasi pasar tidak hanya sekedar membangun fisik, juga membekali pelaku usaha di pasar dengan sistem manajemen yang baik. Jadi, mereka tidak hanya berdagang, juga bisa mengelola usaha dengan tepat. Pada akhirnya itu akan mampu meningkatkan level para pedagang,” jelasnya.

Pasar-pasar yang telah direvitalisasi juga dilengkapi dengan sistem informasi yang bersifat digital untuk dijadikan sebagai basis pengawasan dan pelaporan persediaan dan harga bagi Kemendag. (OL-7)

Original Source

Related posts

Leave a Comment