Salah, Orang Mesir Pemain Terbaik di Tanah Inggris

Salah ditransfer hanya dengan 34 juta poundsterling dari AS Roma

REPUBLIKA.CO.ID, Penyerang Liverpool Mohammed Salah terpilih sebagai pemain terbaik musim 2017/2018 di tanah Inggris. Itu setelah Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Inggris dan Wales (PFA) memilih Salah. Penghargaan PFA menjadi penghargaan kedua bagi Salah sejak ia bergabung dengan Liverpool pada Juni 2017 lalu.

Sebelumnya ia terpilih sebagai pemain terbaik di Benua Afrika. Di Inggris, pemain asal Mesir ini mengalahkan nominator lainnya seperti Kevin de Bruyne, Harry Kane, Leroy Sane, David Silva, dan David de Gea.

“Ini sebuah penghormatan dan terutama dipilih oleh para pemain, saya bahagia dan bangga,” kata Salah, seperti dilansir dari BBC, Senin (23/4).

Liverpool bukan klub pertama Salah di Liga Primer. Ia juga pernah bermain untuk Chelsea selama dua tahun. Tapi Salah lebih sering dipinjamkan ke klub-klub Italia seperti Fiorentina dan AS Roma. Salah pun resmi bermain di Roma pada musim 2016/2017.

“Saya tidak memiliki banyak kesempatan di Chelsea, jelas saya akan kembali dan menunjukkan permainan saya, saya pikir saya pergi dan kembali sebagai seseorang berbeda, pemain yang berbeda,” kata Salah.

Di Roma, Salah bermain cukup baik, ia mencetak 15 gol dari 31 penampilannya di semua kompetisi. Salah kembali ke Liga Primer pada musim panas 2017. Sebagai pemain Mesir pertama di Liverpool, Salah mencetak gol di debutnya saat ditahan imbang Watford 3-3.

Pada 24 Agustus 2017 Salah mencetak gol keduanya bagi Liverpool saat menghadapi Hoffenheim di Liga Champions. Tiga hari kemudian ia kembali mencetak gol dan menyumbang satu assist ketika the Reds mengalahkan Arsenal 4-0. Atas performannya ia terpilih sebagai pemain terbaik bulan Agustus oleh fan Liverpool.

Salah mencetak dua gol saat Liverpool mengalahkan Maribor 7-0 di Liga Champions. Sejak saat itu Salah hampir selalu mencetak gol di setiap pertandingan. Dari bulan akhir Januari sampai awal Maret 2018 Salah mencetak gol di tujuh pertandingan berturut-turut.

Pada 17 Maret 2018 Salah mencetak hat-trick pertamanya di Liverpool. Kini Salah sudah mencetak 41 gol di semua kompetisi musim ini. Ia mencetak 33 gol di Liga Primer, sembilan gol di Liga Champions dan satu gol di Piala FA. Penghargaan PFA ini diberikan pun karena Salah produktivitasnya dalam mencetak gol.

Pelatihnya Juergen Klopp memberikan ucapkan selamat lewat video di penghargaan PFA. “Halo, Mo jika Anda melihat video jelas Anda memenangkan pialanya. Selamat. Sangat aneh rasanya di sepakbola ketika Anda memenangkan piala individual, karena ini permainan tim. Tapi tim dibangun dari pribadi, dari pemain, dan saya sangat bahagia memiliki kesempatan menjadi pelatih Anda,” kata Klopp, dalam video tersebut.

Berbeda dengan pemain-pemain yang disejajarkan dengannya, Salah dibeli dengan nilai transfer hanya sebesar 34 juta poundsterling dari AS Roma. Tapi kini ia termasuk lima pemain yang sukses mencetak 40 gol di satu musim Liga Primer.

Legenda sepakbola Inggris Alan Sherer pun mengakui kemampuan Salah dalam mencetak gol. Mantan pemain Newcastle United tersebut mengatakan setiap kali Salah menyentuh bola ia selalu mencetak gol.

“Apa pun yang ia sentuh sepertinya akan kembali berakhir ke gawang dan dia memiliki musim dimana ia masuk lapangan tanpa berharap mencetak bola tapi tahu mencetak bola, sebagai seorang striker saya tahu hebatnya perasaan itu,” kata Shearer.

Saat ini Salah belum memenangkan gelar atau piala apa pun bersama Liverpool. Tentu dengan penghargaan PFA ambisinya meraih gelar pada musim ini semakin besar. Kini the Reds akan menghadapi AS Roma di semifinal Liga Champions.

Related posts

Leave a Comment