Sambut Lebaran, KAI Siapkan Tujuh Kereta Api Tambahan

Solo, Gatra.com – Daerah Operasional VI PT Kereta Api Indonesia (Daop VI PT KAI) menambah tujuh kereta api dalam momen mudik Lebaran 2019. Penambahan kereta ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

Humas Daop VI PT KAI Eko Budiyanto menyatakan, tahun ini kapasitas kereta tambahan diperbanyak. Tahun lalu kapasitas lima kereta tambahan dengan kapasitas 9.400 kursi.

“Dari lima kereta tambahan kami perkirakan dapat menyediakan lebih dari 10 ribu kursi. Kapasitas di tiap KA beragam, ada yang sekali angkut kisaran 500 kursi, ada pula yang lebih,” ucapnya saat dihubungi via telepon, Kamis (21/3).

Penjualan tiket kereta api tambahan dibuka pada H-60 pemberangkatan atau mulai April dengan sistem seperti penjualan tiket reguler.

Menurut Eko, tiket kereta reguler di musim mudik hanya tersisa sedikit, yakni pada hari H dan H+1 Lebaran.

“KA reguler ini jumlahnya ada 19 kereta. Ada pula beberapa kereta lain yang sifatnya melintasi Daop VI di antaranya KA Bima relasi Jakarta-Malang, KA Turangga relasi Surabaya-Bandung, dan KA Gajayana relasi Malang-Gambir. Tiketnya juga dijual melalui Daop VI,” ujarnya.

Tahun lalu, beberapa kereta tambahan diberangkatkan dari Solo Balapan, antara lain, KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan KA Lodaya pagi dan malam. “Tahun lalu kereta api tambahan mulai dioperasikan pada H-7 Lebaran,” ujarnya.


Reporter : Rahma Novita

Editor: Arif Koes

Original Source

Related posts

Leave a Comment