Sebelum Debat, JK Ternyata Sudah Berbagi Pengalaman dengan Ma’ruf Amin

JawaPos.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menonton debat capres perdana 2019 di rumah dinasnya. Pria yang akrab disapa JK itu bukan tidak diundang ke Hotel Bidakara, tetapi ia mengaku bahwa menonton di rumah bisa lebih santai.

JK pun mengenang saat lima tahun lalu ketika berada di podium debat bersama capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi). Dengan pengalaman tersebut, JK rupanya sempat memberikan pesan kepada Kiai Ma’ruf Amin yang saat ini maju sebagai cawapres Jokowi.

“Ya, tenang saja pak. Kan sudah berpengalaman, Pak Jokowi juga sudah berpengalaman lima tahun lalu. Apalagi kan sebenarnya pertanyaan-pertanyaan yang disusun sudah diketahui, sudah diberikan,” kata JK di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (17/1).

debat capres 2019, Jusuf Kalla, JK debat capresWakil Presiden Jusuf Kalla menonton debat capres perdana 2019 di rumah dinasnya. (Juneka/Jawa Pos)

Ia yang ditemani Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi terlihat lebih santai dan lepas. JK mengenang, saat ia debat dulu, pernah salah menjawab pertanyaan mengenai piala adipura. Buat JK, itu adalah hal yang lazim.

Dia juga menilai pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sebelum debat bisa memudahkan pasangan calon dalam menjawab pertanyaan. Ditambah lagi sudah ada simulasi sebelum debat.

“Sebelum debat ya simulasi dulu. Kalau ditanya gini jawabannya apa. Jawabannya gimana, tidak melihat penonton/kamera,” ungkapnya.

Saat ditanya tentang harapan terhadap Ma’ruf Amin pada debat kali, JK yakin baik Jokowi maupun Ma’ruf pasti mampu menjawab seluruh pertanyaan. “Pak Maruf Amin itu orang berpengalaman lho, dia pernah dua kali menjadi anggota DPR. Yang debat-debat begini tidak asing bagi beliau,” ujarnya.

Editor : Fadhil Al Birra
Reporter : Uji Sukma Medianti

#debat capres #jusuf kalla

Original Source

Related posts

Leave a Comment