Setelah Kereta, Genius Umar Ingin Pariaman Punya Pelabuhan ke Mentawai

JawaPos.com – Sinergitas pembangunan pusat dengan daerah harus terus dijaga. Mustahil daerah mampu berdiri sendiri dengan APBD terbatas tanpa dukungan penuh pemerintah pusat.

“Kami mengharapkan hubungan baik pemerintah daerah dan pusat terus terjaga,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat peresmian reaktivasi Stasiun Naras yang dihadiri Menhub RI Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (22/3).

Genius mengaku, perhatian Pusat terhadap Kota Pariaman cukup besar. Bahkan, tahun ini akan dibangun pasar Pariaman senilai Rp 120 miliar dan itu dibantu langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau kota yang bangun, mungkin 15 tahun kelarnya. Tapi dengan bantuan pemerintah pusat, bisa dibangun dengan satu tahun,” kata Genius.

Disamping itu, aktifnya Kereta Api (KA) Pariaman-Padang dan sebaliknya, sangat berdampak besar terhadap dunia pariwisata Pariaman. Dirinya berharap, keberadaa KA akan terus menjadi penggerak ramainya kunjungan wisata dari daerah tetangga.

Genius berharap, pemerintah juga membangun pelabuhan menuju Mentawai dari Pariaman. Sehingga, pengunjung yang hendak ke Mentawai, tidak lagi repot ke Padang, tinggal turun naik kereta ke pelabuhan dan berlayar ke Mentawai. Dengan demikian, Pariaman diyakini akan menjadi tujuan wisata di Ranah Minang.

“Jadi nanti, di Pariaman itu tidak hanya KA dan Bandara saja. Tapi, juga ada pelabuhan. Lengkap kita ketiga-tiganya,” harapnya.

Editor : Yusuf Asyari
Reporter : Riki Chandra

#kota pariaman #wisata pariaman #genius umar

Original Source

Related posts

Leave a Comment