SFI Jadi Perusahaan Pertama yang Listing di BEI Tahun Ini

SFI melepas 150 juta lembar saham ke publik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Sentra Food Indonesia Tbk (SFI) resmi mencatatkan saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek indonesia (BEI), Selasa (8/1). Dengan begitu perusahaan berkode saham FOOD ini menjadi perusahaan pertama yang melakukan pencatatan pada 2019.

Perseroan melepas 150 juta saham. Dengan harga penawaran sebesar Rp 135 per saham. Dari harga tersebut, perusahaan meraup dana IPO sebesar Rp 20,2 miliar.

Presiden Direktur SFI Agustus Sani Nugroho mengatakan, dana hasil IPO akan digunakan seluruhnya untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak yaitu PT Kemang Food Industries (Kemfood). Kemudian, oleh Kemfood seluruh dana hasil setoran tersebut rencananya digunakan untuk modal kerja seperti membeli bahan baku serta bahan pembantu untuk kegiatan operasional.

“Proses IPO SFI telah dimulai pada 28 Desember 2018. Di tanggal itu pula, telah memperoleh Pernyataan Efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-1950.04/2018 pada 28 Desember 2018,” kata Agustus, Selasa (8/1).

Ia menjelaskan, SFI merupakan Perusahaan induk atau holding company yang merupakan bagian dari Super Capital Indonesia Group. SFI membawahi beberapa anak perusahaannya, pertama Kemfood yang merupakan produsen aneka produk daging olahan sejak 1975 melalui merek Villadrop, Villa, Kemfood, Yangini, Chiefs, serta Chami.

Kedua, PT Sapbeverages Indonesia yang merupakan produsen aneka minuman dengan merek SAP hanya saja saat ini tidak aktif.

“Kami berharap kehadiran FOOD di BEI akan memberi kesempatan luas bagi seluruh masyarakat untuk dapat turut memiliki Perusahaan melalui bursa,” kata Agustus.

Ia menambahkan, kehadiran FOOD pada BEI diharapkan pula bisa turut menyemarakkan perdagangan saham di BEI sekaligus menjadi opsi menarik bagi para investor.

Pada perdagangan awal, saham FOOD naik 68,8 persen dari harga penawaran. Dengan begitu menjadi sebesar Rp 228 per lembar saham.

Related posts

Leave a Comment