Siap Sidang, Taufik Kurniawan Diboyong ke Semarang

JawaPos.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan dakwaan Wakil Ketua DPR (nonaktif) Taufik Kurniawan ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Jawa Tengah. Taufik terbelit kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kabupaten Kebumen dalam APBN-P 2016.

“Hari ini, Kamis 14 Maret 2019, Penuntut Umum KPK telah melimpahkan dakwaan dan berkas perkara atas nama terdakwa Taufik Kurniawan, Wakil Ketua DPR RI ke PN Semarang,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (14/3).

Selanjutnya, jadwal sidang dan majelis hakim, akan ditentukan oleh pihak PN Semarang. Febri menambahkan, hari ini juga politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu dipindahkan ke Rumah Tahanan Polda Jawa Tengah hingga jadwal sidang diumumkan.

“Secara paralel juga dilakukan pemindahan penahanan terhadap terdakwa di Rutan Polda Jawa Tengah untuk menunggu jadwal persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Semarang,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan Febri, tim KPK membawa Taufik pada pukul 06.30 WIB dan sampai di Rutan Polda Jawa Tengah sekitar pukul 11.00 WIB. Terkait dengan pakaian selama di rutan, kata Febri, hal itu menyesuaikan dengan aturan Rutan Polda Jawa Tengah.

Selama proses penyidikan, penyidik telah memeriksa 44 orang saksi dari berbagai unsur seperti anggota DPR, Ketua Komisi III DPR, hingga Tenaga Ahli dari Taufik Kurniawan.

Sebagaimana diketahui, dalam pengesahan APBN-P 2016, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan sebesar Rp 93,37 miliar. Terkait alokasi DAK tambahan itu, Taufik diduga menerima uang sebesar Rp 3,65 miliar dari Yahya Fuad.

Akibatnya, Taufik disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 hurut b atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001.

Editor : Estu Suryowati
Reporter : Intan Piliang

#kpk #taufik kurniawan #pan

Original Source

Related posts

Leave a Comment