Soal Ancaman Moeldoko, PDIP Nilai Kubu Prabowo Ganggu Kualitas Demokrasi

Merdeka.com – Sekjen PDIPHasto Kristiyanto setuju dengan peringatan yang dilakukan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko kepada kubu Prabowo-Sandiaga. Sebab, telah dilakukan upaya mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum lewat sejumlah isu oleh kubu capres nomor urut 02.

BERITA TERKAITDPR Segera Lakukan Fit and Proper Test Calon Hakim MKKubu Jokowi Merasa Diuntungkan Pemaparan Visi Misi Dibatalkan KPUTim Jokowi: Kubu Prabowo-Sandiaga Takut, Minta Debat Capres Dihapus

“Karena itu hal yang sangat fundamental kalau salah satu peserta pemilu ada upaya sistematis mendelegitimasi penyelenggara pemilu,” ujar Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (8/1).

Hasto yang juga Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini menilai, pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga seakan membiarkan timsesnya menggoreng isu ketidakpercayaan kepada KPU ke publik. Mulai dari tudingan kubu 01 tidak siap debat karena pertanyaan diberikan sebelumnya, dan pembatalan penyampaian visi misi yang dituding ketakutan kubu capres petahana Jokowi dan Ma’ruf.

“Kemudian didiamkan termasuk oleh paslon yang bersangkutan ini kan sikap yang akan mengganggu upaya-upaya meningkatkan kualitas demokrasi itu sendiri maka saya sering katakan jangan bandingkan dengan pengalaman 2009 lalu,” kata Sekjen PDI Perjuangan itu.

Hasto memperingatkan lawannya tidak asal mengeluarkan pernyataan tanpa verifikasi. Nyatanya, KPU dan dua pasangan calon telah sepakat soal rangkaian debat. Pihak 01 sendiri, bakal menanyakan KPU lebih dulu daripada koar-koar ke media.

“Jangan sekadar membuat pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Karena sangat berbahaya membuat pernyataan seperti itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, KSP Moeldoko geram dengan kubu 02. Dia mencium ada upaya sistematis mendeligitimasi KPU.

Moeldoko pun memberi peringatan pada oposisi. Dia meminta agar kubu Prabowo jangan memainkan isu tersebut.

“Kita sudah punya catatan, jangan main-main, jangan main-main. Kemarin Saya bilangin lanjutkan permainan itu, saya akan mainkan juga,” kata Moeldoko. [rnd]

Original Source

Related posts

Leave a Comment