Sungai di Sukabumi Meluap, 7 Kelurahan Dilanda Banjir

Sukabumi – Kota Sukabumi, Jawa Barat dikepung banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi bersama Kapolresta AKBP Susatyo Purnomo mengecek ke beberapa daerah yang terdampak.

Susatyo menyebut pihaknya sudah menurunkan sepertiga personel untuk mendampingi warga. Penjagaan di rumah-rumah warga yang terdampak bencana juga dilakukan.

Baca juga: SMK Siliwangi Terendam Luapan Sungai Cibandung Sukabumi“Sudah menjadi tugas kami, begitu apel siap siaga bencana personel langsung mendatangi titik-titik yang terdampak. Kami bersinergi dengan pemerintah daerah untuk penanganan yang diperlukan,” kata Susatyo kepada detikcom, di lokasi, Minggu (13/1/2019) malam.

“Ada beberapa polsek juga yang saat ini stand by melakukan penjagaan, besok kita akan mulai kegiatan penyaluran bantuan-bantuan kepada warga terdampak,” tambah dia.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tercatat ada tujuh kelurahan yang mengalami banjir. Akibat peristiwa itu sejumlah perkantoran, permukiman, dan akses jalan warga tergenang banjir.

SMK Siliwangi terendam air luapan sungai Cibandung Sukabumi (Foto: Istimewa)SMK Siliwangi terendam air luapan sungai Cibandung Sukabumi (Foto: Istimewa)
Baca juga: Bocah 10 Tahun di Boyolali Terseret Arus Sungai yang MeluapDi Kelurahan Kebonjati, Sungai Cileles yang meluap mengakibatkan dua RT sempat tergenang banjir setinggi 50 cm. Di Kelurahan Sriwedari, SMK Siliwangi tergenang akibat jebolnya tanggul Sungai Cibandung. Lima ruang kelas tergenang dan beberapa perangkat belajar mengajar rusak.

Kompleks perkantoran Dinas Perhubungan di Kelurahan Benteng juga sempat terendam banjir setinggi 50 cm, dikabarkan beberapa kendaraan juga mogok di kawasan tersebut.

Baca juga: Karung Tanggul Jebol, RW 06 Jati Padang Banjir 30-50 CmDi Kelurahan Cikole, rumah dengan pagar milik warga ambruk dan menimpa rumah warga lainnya. Sementara di Kelurahan Nangeleng, Sungai Cisuda meluap mengakibatkan 50 rumah warga yang ada di RT 04, 05, dan 09 tergenang banjir setinggi 70 sentimeter.

Di Nangeleng, beberapa warung, kios, lembaga pendidikan juga terendam banjir. Luapan air juga melanda persawahan dan kolam. Beberapa keluarga juga diungsikan.
(sya/jbr)

sungai cibandung meluapsukabumibanjir

Original Source

Related posts

Leave a Comment