Taktik Mengirit Bahan Bakar Motor Versi Ojek Online

Jakarta, CNN Indonesia — Dinilai dari aktivitasnya sehari-hari di jalanan, para pengemudi ojek online (ojol) bisa jadi referensi khusus belajar ilmu berkendara sepeda motor yang ekonomis bahan bakar. Buat mereka semakin irit pemakaian sangat mempengaruhi mata pencaharian.

Dari beberapa pengemudi ojol yang ditemui di kawasan Jakarta, rata-rata menyebut cara mereka bikin irit bahan bakar yaitu mengatur buka tutup selongsong gas.

Deni, pengemudi ojol di sekitar halte gedung Trans TV, menjelaskan biar irit saat berkendara pengemudi harus stabil memainkan gas. Menurut dia kestabilan itu berpengaruh besar buat penggunaan bahan bakar.

Lihat juga:Kemenhub Jelaskan Aturan Soal Ojek Pangkalan “Kalau motor saya kan memang sudah cukup irit, tapi sih saya juga biasanya mainin gasnya stabil saja biar enggak makan bensin banyak,” jelas Deni.

Serupa Deni, pengemudi ojol lainnya, Abdul Mukin, juga menerapkan hal yang sama yaitu mengatur pola bukaan gas. Deni dan Abdul merupakan pengemudi motor skutik.

Taktik irit buat motor menggunakan kopling sedikit berbeda seperti dijelaskan pengemudi ojol Sugiarto. Kata dia, selain main gas harus stabil, dia mengungkap pengemudi mesti lihai mengolah tuas kopling.

“Kalau saya sih biasanya pas narik gas ga saya gaspol, stabil saja gitu. Terus juga pas turunan saya mainin koplingnya,” kata Sugiarto.

Lihat juga:Efek Buruk Bersihkan Debu Mobil Pakai Kemoceng Pada prinsip irit bahan bakar, kecepatan rendah bukan berarti irit dan kencang tidak pasti boros. Penting untuk diketahui bahwa kondisi paling irit berkendara motor yaitu saat “melayang”.

Artinya melayang, saat itu motor sedang melaju pada kecepatan tertentu namun mesin tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kecepatannya. Perlu dipahami juga mengemudi irit berarti lihai memainkan momentum kecepatan.

Kondisi stop and go seperti saat macet merupakan situasi sulit mempertahankan efisiensi bahan bakar. Mengerem dianggap pemborosan bahan bakar karena energi yang dikeluarkan menjadi perlambatan bukan percepatan. (ham/fea)

Original Source

Related posts

Leave a Comment