Teco mundur, Persija incar Riedl dan Kolev

Pelatih Stefano "Teco" Cugurra (empat dari kanan) mengangkat trofi Liga 1 Indonesia yang direbut Persija Jakarta, 15 Desember 2018. Teco kini berpisah dengan Persija.
Pelatih Stefano “Teco” Cugurra (empat dari kanan) mengangkat trofi Liga 1 Indonesia yang direbut Persija Jakarta, 15 Desember 2018. Teco kini berpisah dengan Persija. | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Pelatih Stefano “Teco” Cugurra meninggalkan Persija Jakarta menyusul habis kontrak per akhir 2018 (31/12/2018). Ucapan pamit mundur disampaikan pelatih asal Brasil itu melalui akun Instagram-nya, Kamis (4/1/2019).

Kepergian Teco cukup mengejutkan. Pertama, ia berhasil mengantar Persija juara Liga 1 Indonesia untuk pertama kali dalam 17 tahun. Kedua, manajemen Persija sempat berujar akan mempertahankan Teco.

“Ya Teco resmi kami pertahankan,” kata Direktur Utama Persija, Gede Widiade, kepada BolaSport.com, Rabu (26/12). Ketika itu, Gede menyatakan Teco adalah pelatih yang baik, tidak neko-neko (aneh-aneh), sabar, dan tidak pernah marah ke pemain.

Manajer Persija, Ardhi Tjahjoko, menjelaskan bahwa manajemen Persija mengklaim sudah menawarkan kontrak baru kepada Teco. Namun, kenapa Teco tak menerima tawaran itu, Ardhi dalam CNNIndonesia.com mengatakan bola ada pada Teco.

Kenyataannya, Teco justru pamit mundur. Teco mengatakan perlu mencari tantangan baru pada tahun yang baru. Pelatih 44 tahun ini kebetulan disebut-sebut akan menangani Bali United atau Madura United.

View this post on Instagram

Tugas saya sama club Persija Jakarta sudah selesai tangal 31 December 1- saya sangat terima kasih sama Pak Ferry Paulos beliau pangil saya kerja di club besar. 2- terima kasih jugah sama Pak Gede ,Pak Ardi ,Pemain Dan official kita punya team work bagus bisa juara sama sama. 3- terima kasih ke supporter Persija Jak Mania Kalian luar biasa 4- kita mulai tahun baru lihat di mana ada challenge baru buat Karier Pelatih saya Pasti di 2 tahun ini saya ada salah ,saya minta maaf sama teman teman. pastinya saya tidah Akan pernah lupa Persija Karena kita bisa buat HISTORY bersama. My job with Persija Jakarta just ended on 31 December 1- I have to thank very much the President club Ferry Paulos that invited me to work at this big Club in Indonesia. 2- Also tks to Pak Gede, Ardi, players, official and coaches that we had a very good team work and can be the champion. 3- tks for the supporters the Jak Mania always give the support for me and players to work hard in all the games. 4- Now we start 2019 let’s see what will be my new challenge has a football coach. For sure in this 2 years I made same mistakes that I have to say sorry for my friends. For sure I will never forget Persija because we make history there.

A post shared by ????????TECO???????? (@stefanocugurra) on Jan 3, 2019 at 3:22pm PST

Persija pun tak mau terlalu lama mengurus kepergian Teco. Gede mengatakan “Macan Kemayoran” langsung mendekati dua pelatih asing lawas yang pernah menukangi tim nasional (timnas) Indonesia.

Dua pelatih itu adalah Alfred Riedl asal Austria dan Ivan Kolev dari Bulgaria. Khusus nama terakhir pernah pula menukangi Persija saat pertama kali datang ke Indonesia pada 1999.

Ivan Kolev dua kali melatih timnas Indonesia, masing-masing pada 2002-2004 dan 2007-2008. Selain itu, ia sempat menangani Persipura Jayapura pada 2006 dan PS Tira pada musim lalu (2018).

Sedangkan, Riedl pernah menukangi timnas Indonesia dalam tiga kesempatan; 2010-2011, 2013-2014, dan 2016. Namun, peluang menngontraknya akan lebih kecil dibanding Kolev karena fisiknya mulai digerogoti penyakit.

Itu sebabnya Persija sudah memberi surat penawaran kepada Kolev. Saat ini mereka menunggu jawaban dari pelatih 61 tahun ini.

“Kalau Kolev besok ada jawaban. Offering letter ada dua di pihak (Kolev dan Persija). Saya menawarkan (ke Kolev), besok (kalau) dia sign offering letters ke saya, saya kirim tiket langsung,” kata Gede dikutip detikSport, Sabtu (5/1).

Menurut rencana, Persija akan mengumumkan sosok pelatih baru pada Jumat (11/1) depan. “Macan Kemayoran” perlu bersiap lebih dini karena akan tampil dalam kompetisi regional Asia (Piala AFC).

Sementara itu kepergian Teco juga diiringi oleh pemain senegaranya, Jaimerson da Silva Xavier. Gede mengatakan sudah berusaha menahan Jaimerson dengan menawari kontrak baru termasuk kenaikan gaji, tapi pemain 28 tahun ini menolaknya.

Jaimerson menjadi pemain asing kedua yang meninggalkan Persija. Pemain pertama, juga asal Brasil, adalah Renan Silva yang tak mendapat perpanjangan kontrak.

Tribunnews melaporkan Jaimerson akan membela Madura United pada kompetisi musim ini. Sedangkan Renan bergabung dengan Borneo FC.

Di sisi lain, Persija pun sudah mengambil ancang-ancang untuk menambal kepergian dua pemain asing itu. Gede mengatakan sudah ada dua pemain baru asal Brasil yang segera tiba di Jakarta.

Mereka adalah Anderson Salles asal Santa Cruz Brasil, klub lawas Jaimerson, dan Bruno Matos. Gede menjelaskan Anderson akan tiba di Jakarta pada Minggu (6/1), sedangkan Bruno mendarat lebih dulu pada hari ini (5/1).

Selain itu, Persija juga mengincar pemain naturalisasi Indonesia yang sudah lama tidak bermain dalam Liga 1.

“Kami sudah mencapai kesepakatan, sudah 50 persen, karena sudah menjalani tes medis. Kami juga telah melihat permainannya di lapangan. Dia akan terbang ke Jakarta,” ungkap Gede dilansir Goal Indonesia tanpa mengungkap identitas sang pemain.

Original Source

Related posts

Leave a Comment