Tiket Selangit, Hunian Hotel di Padang Turun Drastis

JawaPos.com – Keputusan maskapai penerbangan Lion Air dan Wings Air menaikkan tarif barang bawaan mulai dari Rp 155 ribu hingga Rp 930 ribu berimbas buruk terhadap pariwisata Sumatera Barat (Sumbar). Bahkan, tingkat hunian hotel di Kota Padang diklaim turun drastis sejak beberapa hari terakhir.

“Dari laporan, sejumlah hotel di Padang mengalami penurunan hunian sampai 40 persen,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, Minggu (13/1).

Selain hotel, tingkat pengunjung restoran dan rumah makan di Padang pun disebut-sebut menurun drastis. Hal ini juga termasuk dampak dari minimnya kunjungan wisatawan. “Penurunan tingkat kunjungan ke restoran dan rumah makan mencapai 35 persen,” jelas Medi.

Menurut Medi, lesunya hunian hotel dan restoran juga akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya di Kota Padang.

“Harapan kami, harga tiket yang selangit ini berlangsung lama. Sehingga, tingkat kunjungan wisata, hunian hotel dan pengunjung restoran di Padang kembali tinggi,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kenaikan tarif barang bawaan penumpang ini jelas menambah tinggi biaya ongkos pesawat. Secara tidak langsung berdampak terhadap ekonomi dan pariwisata Sumbar. Sebab, tarif yang mahal tentunya membuat orang malas ke Sumbar.

“Selama ini, kebanyakan yang menggunkan Lion Air adalah pelaku UMKM. Sedangkan penumpang Garuda lebih kepada orang pemerintahan,” kata Irwan Prayitno, Jumat (11/1).

Menurut Gubernur, Lion Air harusnya tidak perlu menaikan tarif barang bawaan. Sebab, dengan naik dan tingginya harga tiket Garuda, Lion Air sudah beruntung, bahkan harga tiket Lion Air bisa mencapai Rp 1 juta lebih. “Mestinya sudah untung, tapi kenapa Lion Air menaikkan harga bagasi,” jelasnya.

Atas kondisi itu, Pemprov Sumbar menyurati maskapai Lion Air Group maupun Garuda Indonesia Group. “Sudah banyak keluhan masyarakat. Pengusaha tour dan travel juga merasakan dampaknya, karena itu, kami akan surati dua maskapai ini,” tegas politisi PKS itu.

Editor : Sari Hardiyanto
Reporter : Riki Chandra

#tiket pesawat naik #sumbar #okupansi hotel

Original Source

Related posts

Leave a Comment