Tingkat Kerawanan Pemilu Luar Negeri, di Bagian Mana Saja

VIVA – Proses pemilihan bagi pemilih di luar negeri ini ada tiga cara yaitu bisa melalui Kotak Suara Keliling (KSK), Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan melalui pos.

“Surat suara pemilihan di Malaysia terbesar itu dicoblosnya melalui pos, KSK dan TPS lebih sedikit,” ujar Anggota Badan Pengawas Pemilu, Mochamad Afifudin di kantornya, Kamis malam, 11 April 2019.

Berdasarkan pemetaan dari internal Bawaslu, tingkat kerawanan untuk masalah pemilihan suara di luar negeri pemilih yaitu melalui pos.

“Dalam pemetaan kerawanan kami, kerawanan pemilih di pos lebih tinggi dibanding yang lain. Apakah surat suara sampai ke po box atau ke alamat yang bersangkutan? Karena beberapa kejadian diduga dahulu itu belum tentu sampai tapi kembali ke KBRI,” katanya.

Dia menjelaskan, pemilih pos di Malaysia jumlahnya itu 319.293, untuk KSK berjumlah 112.536 dengan jumlah KSK 376, pemilih di TPS itu 127.044 dengan 255 TPS.

Lihat Juga
Thoifatun, saksi penggerebekan surat suara tercoblos di Malaysia Thoifatun, saksi penggerebekan surat suara tercoblos di Malaysia

Ada Tim 02 Saat Gerebek Surat Suara Tercoblos, Saksi Angkat Bicara

Sejumlah warga mengurus surat pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau formulir A5 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Senin, 8 April 2019.Sejumlah warga mengurus surat pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau formulir A5 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Senin, 8 April 2019.

Pemilih Milenial Jumlahnya Capai 5 Juta, Apa Saja Dasar untuk Memilih
Seorang warga menunjukan jari yang telah diberi tinta usai mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (3/3/2019). - ANTARA FOTO/Adiwinata SolihinSeorang warga menunjukan jari yang telah diberi tinta usai mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (3/3/2019). - ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Dari Mana Saja Pemilih Bisa Cari Tahu Daftar Nama Caleg

Untuk pencoblosan, kata Afifudin, di TPS luar negeri di Malaysia akan dilakukan tanggal 14 April 2019. Adapun KSK sudah sebagian melakukan pencoblosan dan pos lebih awal lagi.

Dengan demikian, ia mengimbau kepada para pemilih luar negeri agar tidak mengunggah hasil pilihannya ke media sosial atau ke jejaring elektronik lainya.

Komisioner KPU, Viryan Aziz menambahkan, untuk jumlah pemilih yang berada di Malaysia yaitu laki-laki sebanyak 301.460 pemilih. perempuan 257.413, total pemilih di Kuala Lumpur 558.873.

Original Source

Related posts

Leave a Comment