TKN Nilai Salah Data Jokowi di Debat Kedua Capres Manusiawi

Merdeka.com – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf membela capres Joko Widodo yang dinilai menggunakan data yang salah. Wakil Direktur Saksi TKN Achmad Baidowi mengatakan, salah sebut adalah hal yang biasa.

BERITA TERKAITBPN: Aset Prabowo di Kaltim Hanya Tanah, Tidak Ada Tambang BatubaraDebat Capres Kedua, Jokowi-Prabowo Tak Punya Strategi atasi Jebakan Impor PanganGolkar Yakin Jokowi Unggul di Debat Kedua, Swing Voters akan Pilih 01

Apalagi dalam debat kedua ditekankan tidak membawa sontekan. Karena itu penggunaan catatan diminimalisir, meski sebetulnya diperbolehkan.

“Ya karena semalam sifatnya bukan hafalan begitu,” kata politisi PPP itu di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Politisi yang akrab disapa Awiek itu berdalih, Jokowi tetap menyampaikan sesuai konteks. Angka statistik yang keliru karena debat ini bukan tergantung hafalan.

Dia bandingkan dengan capres 02 Prabowo Subianto. Menurutnya mantan danjen kopassus itu, mengangkat asumsi bukan data saat debat.

“Pak Jokowi kelebihannya mengkongkretkan dengan data-data persoalan salah-salah angka ya manusiawi dan wajar,” kata Awiek.

Awiek pun mengakui kesulitan untuk menghafal data. Seperti di komisi II di mana dia ditugaskan sebagai anggota dewan.

“Saya sendiri yang mengakui sebagai anggota DPR komisi II untuk menghafal keseluruhan di komisi II tak bisa,” tandas Baidowi.

Diketahui, dalam debat kedua capres (17/2) semalam, Jokowi menyebut dalam tiga tahun tak ada kebakaran hutan dan lahan, namun pernyataan itu diralat hari ini. Jokowi bilang kebakaran hutan menurun. Kemudian, soal ganti rugi kebakaran hutan senilai Rp 18 triliun, padahal uang tersebut belum dibayar oleh perusahaan swasta. [rnd]

Original Source

Related posts

Leave a Comment