Wagub Sumbar Tak Terdaftar di DPT untuk Pemilu 2019

Padang, Gatra.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dan istrinya, Wartawati tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 yang akan digelar 17 April mendatang.

Tidak terdatanya Nasrul Abit dan istri dalam DPT Pemilu 2019, diketahui setelah pengecekan di portal infopemilu.kpu.go.id beberpa waktu lalu.

Tidak terdaftarnya orang nomor dua di Sumatera Barat itu dalam DPT, dibenarkan langsung oleh Nasrul Abit. “Iya, tidak terdaftar. Kemaren kita coba cek, ternyata tidak terdaftar,” ujarnya saat mendampingi kunjungan Komisi VI DPR RI ke gudang Bulog Divre Sumbar, Selasa (19/03/2019).

Menurut Wagub Sumbar itu, kemungkinan ada kesalahan dalam pendataan. “Mungkin ada kesalahan dalam pendataan,” jelasnya.

Dikatakan Nasrul, hingga saat ini, Kartu Tanda Penduduk (KTP) nya masih beralamat di Pesisir Selatan. “Kalau KTP, itu masih Pesisir Selatan. Sebelumnya, saya juga memilih di sana, meskipun saya bertugas di Padang,” ungkapnya.

Menanggagpi hal itu, Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Pesisir Selatan, Epaldi Bahar menyebjutkan, tidak masuknya orang nomor dua di Sumbar dalam DPT, karena ada kesalahan saat pendataan.

“Ketika pendataan, sekira bulan Februari atau April 2018, petugas sudah datang ke rumah beliau. Namun, tidak ada orang di rumah, sudah beberapa kali juga petugas ke sana, tidak juga bertemu,” ujar Epaldi ketika dihubungi Gatra via telepon, Kamis (21/03/2019).

Lalu, data yang dibuat petugas saat itu, dimasukkan dalam kolom sudah pindah domisili. “Karena tidak ada juga perlakuan khusus dalam pendataan itu, tidak begitu dicek juga” jelasnya.

Sedangkan anak Nasrul Abit, kata Epaldi, itu terdaftar di sini. “Anaknya kan Caleg juga, itu terdaftar. Saat pendaftaran Caleg kemarin dia urus. Kalau pendaftaran Caleg, persyaratannya kan harus terdaftar sebagai pemilih,” ungkapnya.

Namun, tidak terdaftarnya Nasrul Abit dan istri kata Epaldi, sudah dikonfirmasi ajudannya. “Sudah dikonfirmasi ajudan beliau, sudah kita urus,” ungkapnya.

Nasrul Abit dan istri, sudah masuk dalam DPT. “Beliau terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5, Painan Timur,” kata Epaldi.


Zulfikar

Original Source

Related posts

Leave a Comment