Warga Babel Diminta Waspada Puting Beliung dan Petir

KEWASPADAAN harus ditingkatkan, terlebih saat ini cuaca ekstrem seperti angin kencang (puting beliung) dan petir berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Babel, Mikron Antariksa, mengatakan, wilayah Babel di musim penghujan ini sangat rawan sekali terjadinya angin puting beliung dan petir.

“Potensi bencana angin puting beliung dan petir sangat tinggi di wilayah kita. Maka dari itu, masyarakat di musim penghujan ini untuk dapat waspada,” kata Mikron di Pangkalpinang, Rabu (16/1).

Ia menyebutkan tahun lalu saja musibah puting beliung ini terjadi di beberapa daerah di Babel, dengan tingkat kerusakan mulai dari ringan hingga berat.

“Jika terjadi angin puting beliung, masyarakat kita harapkan keluar rumah, dan jika terjadi petir jangan beraktivitas di tambang atau berteduh di bawah pohon karena berbahaya,” ungkap dia.

Sementara, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji, mengatakan, wilayah Babel masih berpotensi terjadinya hujan deras disertai angin kecang dan petir.

“Untuk potensi hujan lebat, disertai angin kencang dan petir merata hampir di seluruh Babel,” kata Kurniaji.

Pihaknya pun, menurut Kurniaji, terus mengeluarkan peringan terkini cuaca, hal ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar tetap waspada dari bencana yang ditimbulkannya.

“Untuk peringatan terkini cuaca selalu kami informasikan, kita ingin masyarakat waspada dari musibah akibat cuaca tersebut,” tegasnya. (OL-1)

Original Source

Related posts

Leave a Comment