Warga Batam Ramaikan Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama

JawaPos.com – Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama digelar di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (12/1). Acara yang diawali dengan senam bersama itu berlangsung meriah.

Gelaran jalan sehat diikuti berbagai kalangan masyarkaat. Mulai dari pegawai Kementerian Agama (Kemenag) Batam, tokoh agama, pelajar, hingga pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Sejak pagi, para peserta sudah memadati Alun-alun Engku Putri, Batam Centre, Batam. Selanjutnya jalan sehat resmi dilakukan setelah dilepas Gubernur Kepri Nurdin Basirun sekitar pukul 08.00 WIB. Para peserta yang sebelumnya tersebar memenuhi alun-alun, bergerak rapi mengikuti rute yang telah ditentukan.

Tidak seperti tahun sebelumnya, keragaman identitas agama tidak terlalu terlihat. Padahal pada 2018 lalu banyak peserta yang menggunakan pakaian khas keagamaan masing-masing. Seperti pakaian khas bagi para biksu bagi umat Budha, tutup kepala khas Hindu dan lain sebagainya. Meski demikian, acara jalan sehat tetap berlangsung meriah.

Dalam sambutannya, Nurdin mengingatkan kepada masyarakat Batam dan Kepri agar menjaga kerukunan yang selama ini telah berjalan sangat baik. Masyarakat Kepri yang memiliki keragaman sangat memerlukan toleransi demi tercapainya harmonisasi. “Kami ini harus bersatu. Karena persatuan akan membuat Kepri semakin kuat. Kami ingin sama-sama menjaga kerukunan di sini,” kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Batam Erizal Abdullah menyampaikan, Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama ini merupakan satu dari 11 rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kemenag. Semua kegiatan merupakan upaya Kemenag Kota Batam untuk menjaga hubungan baik sesama masyarakat.

Kebersamaan menjadi poin penting yang ditekankan dalam perayaan HAB Kemenag. Menjaga kebersamaan umat menjadi dasar yang sangat penting bagi masyarakat. “Kebersamaan ini akan dapat menjaga umat tetap rukun,” sambung Erizal.

Selain senam dan jalan sehat, kegiatan juga diselingi dengan pemberian doorprize bagi peserta acara. Empat sepeda motor, mesin cuci, dan perlengkapan rumah tangga lainnya menjadi hadiah yabg disiapkan panitia.

Editor : Sofyan Cahyono
Reporter : Bobi Bani

#kemenag #jalan sehat

Original Source

Related posts

Leave a Comment