Menguak Partai Solidaritas Indonesia, Bentukan Baru atau Casing Lama

Portaldailynet, Jakarta – Mantan presenter televisi Grace Natalie mendeklarasikan diri sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun Grace menegaskan, PSI ini berbeda dengan Partai Sosialis Indonesia (PSI) milik Sutan Sjahrir, partai yang selalu berseberangan dengan Soekarno. Grace mengakui memang ada kesamaan nama antara PSI Sjahrir dan partai yang baru ia dirikan ini. Namun sekali lagi, dia tegaskan bahwa partai ini berbeda dengan milik Sjahrir yang berideologi sosialis itu. Dia pun tak takut jika PSI nantinya diidentikan dengan PSI Sjahrir yang dibubarkan oleh Soekarno tahun 1960. Wanita berdarah Tionghoa ini…

Read More

Isu Radikalisme Kampus merupakan Sarana Penghambat Hidup Berdemokrasi

Portaldailynet, Surabaya – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Polisi Suhardi Alius mengatakan mahasiswa baru rentan terpapar radikalisme. “Mahasiswa baru sangat rentan dengan penyebaran paham negatif ini,” katanya saat memberikan kuliah umum di hadapan lebih dari 1.700 mahasiswa baru Institut Teknologi Nasional, Bandung, Minggu (26 /8 /2018). Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Hamli mengatakan ada dua faktor yang membuat radikalisme masuk di lingkungan kampus. Salah satunya karena pemahaman agama yang kurang. Faktor kedua, menurutnya, karena mahasiswa kekurangan wawasan kebangsaan. Karenanya, dua hal itu harus didorong…

Read More

Persekusi Bunda Neno Warisman, Bukti Indonesia bukan Negara Demokrasi

Portaldailynet, Surabaya – Aksi persekusi terulang kembali di negeri ini, dan kali ini menimpa bunda Neno Warisman. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hari ini, Minggu (26/8/2018) pukul 13.30 WIB, ratusan orang melakukan deklarasi #2019GantiPresiden di depan Masjid Agung Annur Kota Pekanbaru, Riau. Namun sangat disayangkan, deklarasi tersebut tidak berjalan mulus. Pasalnya, aksi tersebut mendapat perlawanan dari pihak-pihak yang kontra dengan deklarasi #2019GantiPresiden. Sebagai buktinya bunda Neno Warisman gagal menghadiri deklarasi tersebut. Sebelumnya, Neno Warisman datang ke Pekanbaru untuk menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden, Minggu (25/8/2018). Namun, kedatangan Neno dihadang sekelompok massa di…

Read More

Gerakan #2019GantiPresiden Dilarang Bukti Rusaknya Sistem Demokrasi

Portaldailynet, Surabaya -Komisi Pemilihan Umum RI resmi membuka pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung dalam pemilu presiden 2019, Sabtu (4/8/2018). Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, masa pendaftaran akan berlangsung selama tujuh hari, yaitu 4-10 Agustus 2018. Berbagai isu pun mengirinya, mulai dari vaksin influenza bagi para atlet Asian Games, acara harmoni Indonesia dan yang tidak kalah pentingnya adalah pelarangan gerakan #2019GantiPresiden. Polisi Bakal Bubarkan Deklarasi #2019GantiPresiden https://t.co/zrrCgsdOSY — VIVAcoid (@VIVAcoid) May 5, 2018 Sehingga…

Read More

Pemilu 1999: Parpol Islam dan Nasionalis Berlaga tanpa Komunis

Portaldailynet, Jakarta – Supeni Pudjobuntoro berusia 81 tahun pada 1999. Pada usia senja itu mantan wakil menteri luar negeri di era Presiden Sukarno tersebut berjibaku memimpin Partai Nasional Indonesia (PNI) menghadapi Pemilihan Umum pertama sejak Soeharto lengser. Sepekan setelah pemilu digelar pada 7 Juni 1999, hari ini 19 tahun lalu, Supeni tampak pesimistis mengenai partainya. Kepada New York Times, Supeni berkata, “Insyaallah, Megawati akan menang. Indonesia membutuhkan seseorang seperti dia saat ini.” Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) besutan Megawati memang tengah digandrungi banyak orang saat itu. Citra sebagai tokoh oposisi Orde Baru dan…

Read More

Unik, Anies Baswedan Ucapkan Selamat Lebaran Pakai Bahasa Isyarat

RMOL. Banyak cara untuk mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada sesama. Bisa dengan lisan langsung kepada orang yang dituju atau lewat sambungan telepon.

Lebih banyak lagi yang memberi ucapan melalui pesan elektronik maupun media sosial.

Tapi, cara yang dipakai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, cukup unik dan terbilang jarang dilakukan, terutama oleh pejabat negara.

Anies menyebarkan ucapan selamat Idul Fitri 1439 H dalam rekaman video via media instagram pribadi (@aniesbaswedan). Yang unik adalah ucapan itu disampaikan dengan bahasa isyarat.

Bahasa isyarat Anies diterjemahkan ke dalam teks di dalam video buatan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta itu.

“Asssalamumalikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Anies Baswedan. Kami mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah kita selama Ramadhan diterima oleh Allah. Amin. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” demikian pesan Anies dengan bahasa isyarat.

Sampai berita ini dilaporkan, video Anies itu sudah dikomentari lebih dari 1700 akun dan disaksikan 107 ribu pengguna instagram.

Sejak dilantik menjadi Gubernur Jakarta, Anies menyatakan salah satu fokus kerjanya adalah menciptakan kesetaraan akses bagi seluruh masyarakat, terutama warga yang berkebutuhan khusus. [ald]

Read More

Anies: Idul Fitri Harus Jadi Pesan Lebih Saling Menjaga Persatuan

RMOL. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan kagum kebudayaan masyarakat Indonesia yang selalu merayakan momen Hari Raya Idul Fitri dengan saling bermaaf-maafan.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, tidak ada satupun negara lain yang memiliki kebudayaan serupa.

“Marilah kita bersyukur alhamdulillah hari ini bersama bisa menunaikan salat Id bersama-sama dan ini adalah khas di Indonesia mengucapkan mohon maaf lahir dan batin,” jelasnya di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (15/6).

“Tidak ada bangsa lain di dunia yang pada saat menyelenggarakan hari Raya Idul Fitri dengan menyampaikan ucapan permohonan maaf,” imbuhnya.

Anies berharap momen bermaaf-maafan ini dapat menjadi pesan untuk semua pihak agar berlaku rendah hati.

“Lebih saling menghargai dan menjaga persatuan,” pungkasnya. [sam]

Read More

Pompeo Berterimakasih Pada Xi Jinping

RMOL. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, berterimakasih secara khusus pada Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Rasa terima kasih itu berkaitan dengan peran dan kontribusi Xi memfasilitasi upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Pompeo, yang bertemu dengan Presiden Xi di Beijing hari Kamis (14/6), juga menyampaikan terima kasih atas komitmen tinggi dari Xi bagi terwujudnya denuklirisasi Korea Utara.

Denuklirisasi itu, lanjut Pompeo, akan berperan dalam mewujudkan perdamaian abadi dan kestablian di kawasan.

Secara garis besar, maksud Pompeo menemui Xi Jinping adalah menyampaikan hasil pertemuan Presiden AS, Donald Trump, dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di Singapura hari Selasa lalu (12/6). [ald]

Read More