MKD Rapat Internal Bahas Nasib Novanto Di DPR

RMOL. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI mengagendakan rapat internal evaluasi kinerja sebelum memasuki masa reses pada akhir bulan ini.

Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan selain evaluasi kinerja, rapat tersebut juga akan mengadendakan pembicaraan posisi mantan Ketua DPR Setya Novanto setelah mendapat vonis dari pengadilan.

“Rapat internal akhir masa reses akan membicarakan banyak hal terutama perkara-perkara yang masuk, kemudian tadi sudah diagendakan juga masalah Pak Novanto,” ujar Dasco di Ruang MKD, Senayan, Jakarta, Selasa (24/4).

Dasco mengatakan posisi Novanto sampai saat ini masih sebagai anggota DPR. Perkara hukum korupsi KTP-el yang menjeratnya bisa mencopotnya dari keanggotaan jika sudah dinyatakan inkrah atau mengikat.

“Kalau liat UU MD3 itu kan harus inkrah, kecuali ditarik oleh partai atau yang bersangkutan mengundurkan diri,” jelasnya.

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta resmi menjatuhkan vonis kepada terdakwa kasus pengadaan korupsi KTP-el Setya Novanto dengan hukuman penjara selama 15 tahun penjara.

Selain itu, Novanto juga dikenakan membayar denda sebesar Rp 500 juta atau diganti tiga bulan kurungan penjara. [rus]

Related posts

Leave a Comment