Survei Litbang Kompas: Jokowi 55,9%, Prabowo 14,1%


KRICOM – Litbang Kompas kembali mengeluarkan hasil survei terbarunya mengenai peta kekuatan dalam Pemilihan Presiden 2019. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 21 Maret hingga 1 April 2018, calon presiden petahana, Joko Widodo masih perkasa dibandingkan dengan kandidat lain.

Dilansir dari Kompas, elektabilitas Jokowi naik signifikan hingga angka 55,9 persen. Angka tersebut naik dibandingkan survei yang dilakukan enam bulan lalu yang hanya meraup 46,3 persen.

Berbeda dengan Jokowi, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang digadang-gadang sebagai penantang terkuat Jokowi justru turun dari survei sebelumnya yang mencapai 18, 2 persen. Berdasarkan survei yang dirilis hari ini, elektabilitas Prabowo hanya mencapai 14,1 persen.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan Kompas sebelum penerimaan mandat dari Gerindra kepada Prabowo untuk menjadi capres 2019 yang dilakukan pada 11 April 2018 kemarin.

Selain dua nama tersebut, Litbang Kompas juga menempatkan sosok mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Kali ini, Gatot juga mengalami tren penurunan dari yang sebelumnya mencapai 3,3 persen turun menjadi 1,8 persen.

Berdasarkan statistik, kenaikan elektabilitas Jokowi terjadi karena tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi.

Baca Juga : Gerindra Nilai Isu Jadi Cawapres Jokowi Rendahkan Prabowo

Selain itu, meroketnya nama mantan Gubernur DKI Jakarta itu karena sikap penantang Jokowi yang masih abu-abu dalam menyongsong Pilpres 2019.

Selain dari tiga nama tersebut, Kompas juga melakukan survei terhadap nama-nama lain. Namun demikian, elektabilitas selain tiga tokoh tersebut masih di bawah angka 1 persen.

Adapun survei tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden dengan menggunakan wawancara tatap muka. Respondeb dengan usia di atas 17 tahun itu dipilih secara acak bertingkat di 32 provinsi.

Margin of error dalam survei tersebut kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Related posts

Leave a Comment