6 Makanan yang Perlu Dihindari Pasien Kanker Darah Seperti Ani Yudhoyono

Suara.com – Sejak divonis kanker darah, istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, harus menjaga ketat pola makannya. Ini dikarenakan tak semua jenis makanan boleh dikonsumsi penderita kanker darah.

Salah mengonsumsi makanan bisa saja membuat kanker darahnya semakin menyebar dan parah. Apalagi perawatan kanker darah membuat pasien merasa lelah dan memengaruhi kekuatan sistem kekebalan tubuhnya.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, pasien kanker darah membutuhkan banyak nutrisi untuk mengontrol kondisi tubuhnya dari efek samping perawatan atau kemoterapi.

Mengutip Himedik dari healthline.com, biasanya dokter akan menyarankan penderita kanker darah untuk menghindari sejumlah makanan guna mengurangi paparan bakteri, salah satunya diet neutropenik.

Telur setengah matang harus dihindari pasien kanker darah, karena berisiko menularkan bakteri lewat mulut. (Shutterstock)

Adapun sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi pasien kanker darah, karena berisiko menularkan bakteri melalui mulut.

1. Semua sayuran yang masih mentah dan setengah matang
2. Buah-buahan mentah, kecuali jeruk dan pisang
3. Daging dan ikan mentah atau setengah matang
4. Telur mentah dan setengah matang
5. Semua jenis salad
6. Air minum yang tidak direbus dulu

Pastinya semua makanan itu juga sudah dihindari Ani Yudhoyono sejak divonis kanker darah agar tak memperburuk kondisi kesehatannya. Mengingat kodisi tubuh pasien kanker jauh lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus.

Jika pasien kanker terinfeksi bakteri sudah bisa dipastikan akan memengaruhi kondisi tubuhnya, terlebih masih menjalani proses pengobatan kanker.

Itulah enam makanan yang perlu dihindari pasien kanker darah seperti Ani Yudhoyono untuk mencegah penularan bakteri melalui mulut. (Himedik/Shevinna Putti Anggraeni)

Sumber: www.himedik.com

Original Source

Related posts

Leave a Comment