Apakah Alergi Seafood Bisa Dicegah Sedini Mungkin?

Makanan laut alias seafood adalah makanan favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bisa menikmatinya karena mengalami alergi seafood. Setiap jenis alergi tentu bisa diobati, tapi apakah alergi seafood ini bisa dicegah sejak kecil? Berikut penjelasannya.

Apakah alergi seafood bisa dicegah?

Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena makan seafood. Menurut Australian Society of Clinical Immunology and Allergy (ASCIA), sekitar 1 persen populasi di dunia punya alergi seafood. Bahkan, risiko alergi ini bisa meningkat sekitar 20 persen seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab alergi pada seafood diduga berasal dari zat histamin yang ada di dalam makanan tersebut. Kandungan histamin pada ikan, udang, cumi, kerang, kepiting, dan hewan laut lainnya termasuk tinggi, apalagi jika tidak terjamin kesegarannya.

Selain itu, protein di dalam kerang dan makanan laut lainnya cenderung sama dan memberikan respon alergi yang sama pula. Maksudnya jika Anda mempunyai alergi udang, maka Anda biasanya akan mengalami reaksi alergi yang sama setelah makan kerang, kepiting, atau lobster.

Biasanya, kulit gatal atau ruam yang muncul akibat alergi seafood dapat diobati dengan salep gatal atau obat oral antihistamin. Namun yang jadi pertanyaan, mungkinkah jenis alergi ini dicegah sedini mungkin?

Meskipun Anda memiliki riwayat alergi, Anda sebetulnya masih bisa mencegah alergi tersebut kambuh di lain waktu, lho. Ya, Anda juga bisa mencegah alergi seafood bahkan dimulai sedini mungkin.

Terlebih, tidak semua kasus alergi makanan pasti akan diturunkan dari orangtua ke anaknya. Ini artinya, bila Anda mengalami alergi pada seafood, maka belum tentu anak Anda juga akan memiliki alergi yang sama. Jadi, masih ada harapan bagi Anda untuk mencegah alergipada si kecil.

Bagaimana cara mencegah alergi seafood?

makan pedas saat menyusui

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah alergi pada anak adalah melakukan tes tusuk kulit. Melalui tes ini, Anda akan tahu seberapa besar risiko anak Anda mengalami jenis alergi yang sama dengan Anda.

Bila si kecil berisiko tinggi mengalami alergi pada seafood, jangan biarkan anak Anda menyentuh atau bahkan memakan makanan laut sedikitpun. Entah itu udang, kerang, kepiting, dan jenis krustasea lainnya.

Meskipun Anda punya alergi terhadap seafood, Anda sebetulnya bisa mencegah si kecil terkena alergi yang sama. Alergi akibat keturunan ternyata dapat dicegah atau dikurangi risikonya melalui pemberian ASI.

Dilansir dari wawancara yang dilakukan Antaranews, dokter spesialis anak sub-spesialis alergi imunologi dari RSCM, Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), mengungkapkan bahwa pemberian ASI adalah cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah alergi pada anak. Bila Anda tidak ingin si kecil terkena alergi yang sama, berikan ASI eksklusif dan maksimalkan hingga dua tahun untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Baca Juga:

Tak Hanya Gatal, Ini Berbagai Ciri Alergi Ayam yang Mesti Anda WaspadaiBolehkah Minum Susu Kedelai Kalau Punya Alergi Kacang?Bibir Bengkak dan Badan Gatal-Gatal Setelah Makan Terong, Apa Ini Tanda Alergi?

Original Source

Related posts

Leave a Comment