Benarkah Makan Teripang (Timun Laut) Bisa Mengobati Nyeri Sendi?

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, perairan Indonesia kaya akan biota laut yang berpotensi baik buat kesehatan manusia. Ambil contohnya teripang atau yang juga disebut sebagai timun laut. Teripang biasa ditemukan di laut dangkal. Siapa sangka hewan berduri lunak ini banyak digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai obat nyeri sendi atau artritis? Namun tinggu dulu. Apa kata dunia medis soal manfaat teripang ini?

Manfaat teripang untuk obat nyeri sendi

manfaat teripang si timun laut

Teripang adalah hewan laut lunak berbentuk seperti cacing atau ulat yang cukup besar. Hewan laut ini bisa ditemukan di lautan Asia Pasifik, termasuk perairan Indonesia. Tidak jarang juga teripang diternakkan di kolam buatan untuk dikonsumsi.

Hewan yang punya julukan timun laut ini sebetulnya sudah lama dibudidayakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk berbagai macam penyakit, salah satunya nyeri sendi. Sebagai obat nyeri sendi, teripang sering dikonsumsi dengan cara dikeringkan, digoreng, diasamkan, atau bahkan dimakan mentah-mentah.

Teorinya karena daging teripang mengandung zat chondroitin sulfate. Chondroitin adalah zat pembentuk jaringan ikat yang secara alami juga ditemukan dalam tulang rangka, tulang rawan, dan persendian manusia. Itu kenapa manfaat teripang dipercaya dapat membantu meredakan nyeri sendi dan nyeri tulang akibat arthritis. Terutama nyeri di persendian tangan dan pinggul.

Peran chondroitin untuk meredakan nyeri sendi

Chondroitin alami yang terdapat dalam tubuh manusia berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan memblokir enzim yang memecah kartilago (tulang rawan).

Fungsi chondroitin untuk menguatkan tulang dan persendian dilaporkan meningkat jika bekerja sama dengan suplemen glukosamin. Kombinasi kedua zat ini dapat mengembalikan hilangnya kepadatan tulang.

Sebuah laporan dari Cochrane Library yang melibatkan lebih dari 9 ribu orang menilai bahwa zat chondroitin juga mampu meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis. Selain itu, hasil penelitian tersebut juga melaporkan chondroitin dapat memperbaiki gejala nyeri sendi jangka pendek yang umumnya berjalan kurang dari 6 bulan.

Manfaat teripang lainnya untuk kesehatan

Perlu dipahami bahwa penelitian yang mengamati manfaat teripang sebagai obat nyeri sendi masih termasuk skala kecil. Butuh penelitian yang lebih banyak dan lebih mendalam lagi guna memastikan potensi manfaat kesehatannya yang satu ini.

Selain berpotensi mengatasi nyeri sendi, teripang juga punya beberapa manfaat kesehatan lainnya yang bisa Anda dapatkan. Antara lain:

1. Tinggi protein

Teripang merupakan hewan laut yang tinggi protein. Menurut Subhuti Dharmananda, Kepala Institute for Traditional Medicine di Portland, Oregon, kandungan protein dalam hewan laut ini lebih banyak dibandingkan dengan protein dalam putih telur.

Jadi, mengonsumsi hewan laut ini bisa jadi alternatif sumber protein yang lebih baik untuk orang dengan penyakit jantung dan bagi Anda yang sedangdiet tinggi protein.

2. Berpotensi mencegah kanker

Teripang mengandung zat sitotoksin, yang terbukti dapat melawan perkembangan lima jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit.

Sementara itu, studi lain juga menemukan bahwa senyawa Ds-echinoside dalam teripang juga berpotensi mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hati (liver).

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan kemanjuran dan keamanan menggunakan timun laut untuk pengobatan kanker.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa teripang bisa jadi bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, teripang mengandung chondroitin sulfate yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen. Timun laut ini juga mengandung zat bernama peptida. yang berfungsi untuk melembutkan jaringan kulit dan menjaga kulit terhindar dari kerusakan.

Sejumlah penelitian kecil melaporkan bahwa suplemen ekstrak teripang bisa membantu mengatasi masalah kulit akibat penuaan, seperti keriput dan garis halus, serta kulit kering dan tipis.

Baca Juga:

3 Jenis Olahraga yang Tidak Akan Bikin Nyeri Sendi Kambuh7 Bahan Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi Akibat RematikTeripang, Si Timun Laut dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Original Source

Related posts

Leave a Comment