Ladies, Ingin Punya Wajah Cantik Semulus Meghan Markle? 2 Masker DIY Ini Rahasianya

Siapa yang tidak pernah bermimpi ingin punya wajah mulus bak putri kerajaan? Anda mungkin membayangkan untuk meraihnya saja harus rela menggelontorkan biaya hingga ratusan juta demi mendapatkan perawatan wajah terbaik dari dokter kulit kenamaan. Eits, tunggu dulu. Anda tidak perlu bergelimang harta 7 turunan untuk bisa memiliki wajah cantik berkilau seperti Meghan Markle, menantu Queen Elizabeth II. Usut punya usut, rahasia kulit cantik Meghan ternyata datang dari kebiasaan rutinnya pakai masker wajah alami yang diracik sendiri.

Tertarik ikut mencoba? Psstt.. Bahan-bahannya mungkin sudah Anda punya di dapur, lho!

Masker wajah alami ala Meghan Markle

Anda mungkin tidak pernah menyangka bahwa eks-aktris Hollywood yang kini menjadi putri bangsawan setelah menikah dengan Prince Harry ternyata masih menyempatkan sedikit waktu luangnya untuk melakukan perawatan wajah rumahan.

Namun rahasia Meghan yang kini bergelar Duchess of Sussex baru-baru ini dibeberkan oleh terapis facial pribadinya sendiri, yaitu Nichola Joss. Joss mengungkapkan ada empat bahan dapur yang biasa ia racik menjadi masker wajah alami untuk Meghan.

Penasaran apa saja?

1. Masker minyak kelapa dan kunyit

manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Masker wajah alami yang terbuat dari campuran minyak kelapa dan bubuk kunyit, ungkap Joss, adalah yang paling difavoritkan Meghan. Kombinasi ini dikatakan berguna untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang efektif memperbaiki kulit kering bersisik, serta sekaligus berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengelupas sel kulit mati. Minyak kelapa juga mampu mengangkat segala macam kotoran yang menyumbat pori-pori tanpa membuat kulit iritasi.

Manfaat minyak kelapa buat kulit ternyata tidak cuma berhenti sampai di situ, lho! Kandungan protein dalam minyak kelapa dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit dan mengobati berbagai masalah kulit yang umum, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sementara itu, kunyit mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit.

Cara membuatnya:

Campur merata 1 sendok teh (sdt) kunyit bubuk dan 2 sendok makan (sdm) minyak kelapa dalam sebuah wadah bersih. Oleskan pada permukaan wajah dan diamkan 15 menit sebelum dibilas bersih dengan air hangat suam kuku.

2. Masker madu dan gandum

manfaat madu manuka obat jerawat alami

Masker wajah alami yang satu ini diandalkan Meghan Markel untuk membasmi jerawat, menghaluskan kulit, serta meredakan peradangan yang menyebabkan kulit merah dan gatal-gatal.

Madu adalah zat pelembap kulit alami. Madu juga memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka dengan mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen alami guna menyamarkan bekas luka dan mencegah pembentukan keloid.

Selain itu, pH madu yang bersifat asam (antara 3,2-4,5) dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Manfaat madu yang satu ini juga datang dari kandungan hidrogen peroksida alaminya yang bersifat antibakteri dan juga antiseptik. Kandungan antioksidan tinggi dari madu mampu menangkal berbagai efek penuaan dini akibat radikal bebas, seperti garis-garis halus dan keriput.

Di sisi lain, manfat gandum alias oat sudah sangat terkenal pamornya sebagai bahan pengikis sel kulit mati yang bersifat ringan (tidak mengiritasi). Oat juga mengandung zink yang membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara membuatnya:

Campur merata 1-2 sdt madu alami dengan 40 gram oat kering hingga teksturnya mirip adonan lengket. Ambil adonan masker dengan tangan yang bersih dan pijat lembut kulit Anda yang lembap (basuh muka dulu sebelumnya, ya!). Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas bersih.

Masker wajah alami belum tentu manjur untuk semua orang

Masker wajah alami sering dijadikan “senjata andalan” oleh para selebriti dunia untuk merawat wajahnya, termasuk juga Meghan Markle. Namun perlu diketahui bahwa dari sisi ilmu medis, belum ada satu pun studi ilmiah yang berhasil membuktikan manfaat serta kemanjuran masker alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Di samping itu, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Buat Meghan Markle atau orang-orang yang punya kulit normal dan yang keluhannya ringan, masker alami mungkin saja sangat berguna untuk memelihara kesehatan kulitnya.

Meski begitu, memakai masker wajah alami saja mungkin belum cukup buat orang lain yang mungkin jenis kulitnya lebih kompleks, sensitif, atau punya masalah kulit yang lebih berat. Bahan-bahan alami tertentu mungkin dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi yang dimiliki.

Sebetulnya tidak masalah untuk mencoba pakai masker alami sesekali. Idealnya cukup dipakai 1 minggu sekali saja. Lihat dulu apakah ada perbedaan setelah memakainya. Apabila kondisi kulit Anda malah makin memburuk setelah pakai masker, tandanya tidak cocok dan sebaiknya tidak usah dipakai lagi.

Sumber foto cover: People Magazine (Photo by Chris Jackson/Getty Images)

Baca Juga:

Segudang Khasiat Menguntungkan Masker Lidah Buaya untuk Kecantikan (Plus Cara Buatnya)4 Masker Rambut Alami yang Manjur Kembalikan Kelembapan RambutResep Masker Wajah Alami dari Cokelat untuk Melawan Penuaan DiniMinyak Biji Anggur, Bahan Alami yang Manjur Hilangkan Bekas Jerawat

Original Source

Related posts

Leave a Comment