4G Plus Jangkau 80 Persen Populasi Indonesia, Indosat Ooredoo Bersiap untuk 5G

Liputan6.com, Jakarta –Indosat Ooredoo baru saja mengungkap jaringan 4G Plus miliknya sudah mencakup 422 kota/kabupaten dan 80 persen populasi masyarakat Indonesia.

Bahkan, operator yang identik dengan warna merah dan kuning ini optimistis jika 4G Plus bisa mencakup 87 persen populasi di Indonesia hingga akhir tahun ini.

Dengan semakin meluasnya penetrasi 4G yang terakselerasi di seluruh penjuru Indonesia, Indosat Ooredoo pun percaya diri kalau mereka bersiap untuk teknologi 5G.

Baca Juga

Tarif Ojek Online Berubah, Ini DetailnyaMeluncur di Indonesia Hari Ini, Berikut Spesifikasi Oppo A5sCelah di Google Chrome Mungkinkan Hacker Curi Data Pribadi Pengguna

Namun demikian, menurut Group Head Network Strategic Solution Indosat Ooredoo Kusmanto, pengembangan infrastruktur 5G di Indonesia dirasa masih menjadi tantangan.

Karenanya fokus perusahaan untuk tahun ini hingga 2021 adalah tetap pada 4G Plus agar coverage populasinya mencapai 90 persen, serta mengembangkan teknologi video grade network yang diklaim 5G Ready.

“5G itu kan kecepatannya tinggi. Kalau bahas kecepatan tinggi, kita sekarang menyiapkan teknologi dengan kecepatan tinggi seperti perangkat digital terbaru. Jadi, pada saat 5G udah masuk ke pasar indonesia, (perangkat) itu akan gampang diaktifkan,” kata Kusmanto kepada Tekno Liputan6.com di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Kusmanto juga menjelaskan kalau kecepatan 5G yang tinggi membutuhkan teknologi back hole.

“Ibaratnya begini, kalau ada orang masuk jalan tol kan mereka harus masuk gerbang, sehabis masuk ada jalan tolnya, nah jalan tolnya itu back hole. Jadi biar enggak macet ada fiberisasi dari pintu tol (BTS) yang dipakai untuk microwave sehingga bisa memancarkan mentransmisikan sinyal. Ini pakai fiber optic kabel berkecepatan cahaya dengan kapasitas unlimited,” terangnya menambahkan.

Seperti diketahui, sebelumnya Indosat Ooredoo tengah melakukan persiapan dengan menggelar uji coba 5G melalui pengalaman 3D Augmented Reality (AR).

Rencana Group Ooredoo dalam mengimplementasikan teknologi 5G pertama secara komersial di dunia, disebut juga menjadi arah dari strategi Indosat Ooredoo dalam mengembangan jaringannya ke depan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment