5 Kebiasaan Ini Bikin Laptop Anda Cepat Rusak

JAKARTA – Laptop membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Mulai pekerja kantoran sampai lembaga-lembaga pendidikan wajib menggunakannya. Sayangnya masih banyak orang dengan kebiasaan yang dapat merusak laptop.

Berikut Okezone merangkum beberapa kebiasaan yang membuat laptop Anda cepat rusak seperti dikutip laman ECR, Sabtu (8/12/2018).

1. Makan atau minum sambil menggunakan laptop

Bahaya tersebut terjadi ketika remah-remah makanan jatuh ke keyboard Anda. Tidak hanya membuat kotor, tetapi dapat membuat keyboard tidak berfungsi.

Terlebih jika cairan minuman Anda tumpah di atas keyboard Anda. Menurut Sewelltech, tumpahan cairan adalah penyebab utama dari 60% perbaikan laptop.

Baca juga: Apple Watch Series 4 Hadirkan Fitur Monitor Detak Jantung

2. Menggunakan laptop di bawah sinar matahari

Menggunakan laptop di bawah sinar matahari akan membuat layar bekerja lebih keras untuk menyesuaikan kecerahan layar laptop. Jika sering dilakukan, maka ketajaman layar laptop dapat menurun.

Selain itu, panas yang tertangkap di dalam laptop juga dapat merusak CPU, hard drive, baterai dan elemen lainnya.

Baca juga: 8 Game Seru untuk Menghilangkan Rasa Bosan

3. Membersihkan laptop dengan detergen berbahaya

Semua layar laptop/komputer memang harus dibersihkan, tetapi menggunakan detergen keras untuk menghilangkan kotoran dapat merusak laptop Anda.

Cara terbaik membersihkan laptop Anda adalah menggunakan kain microfiber kering. Untuk keyboard dan touchpad, Anda dapat menggunakan Compressed Air Can atau Air Duster. Selain itu, jangan terlalu menekan laptop saat proses pembersihan.

4. Meletakkan objek di atas laptop

Laptop bukanlah meja. Menempatkan benda di atasnya dapat menggores bahkan membuat pecah laptop. Benda berat dapat menyebabkan kerusakan serius pada LCD dan engsel.

5. Hindari menjelajahi website tanpa perlindungan

Dengan menjelajahi situs-situs seperti tempat mengunduh film atau pun software gratis memungkinkan laptop Anda untuk terinfeksi malware.

Terlebih software tersebut seolah-olah sebagai suatu antivirus yang seharusnya melindungi laptop Anda. Gunakan software yang telah Anda dapatkan dari paket Laptop Anda langsung ketika membelinya.

Sebelumnya
1 / 3

Related posts

Leave a Comment