Band Ini Benamkan Musiknya ke Dalam DNA

INILAHCOM, Darwin – Grup musik elektronik ternama Inggris, Massive Attack, membenamkan musik mereka ke dalam kode genetik DNA. Seperti apa?

ResidentAdvisor melansir, grup musik elektronik ternama Inggris, Massive Attack, bekerja sama dengan para ilmuwan asal Swiss untuk menerjemahkan album mereka, Mezzanine (1998) yang berulangtahun ke-20, ke dalam kode genetik DNA.

Proyek unik ini dikerjakan oleh Massive Attack dengan bantuan para ilmuwan dari ETH Zurich, Swiss. File audio dari album Mezzanine tersebut akan dikompres hingga berukuran hanya 15 megabit saja; cukup kecil untuk masuk ke dalam 920 ribu untaian DNA.

Kemudian untaian-untaian tersebut akan disimpan dalam lima ribu keping manik-manik kaca, yang bisa tetap dilihat oleh mata telanjang.

“Metode ini memungkinkan kita untuk mengarsip musik hingga ratusan atau ribuan tahun ke depan. Sementara umur CD sendiri hanya berkisar 30 tahun saja,” ujar Robert Grass, Profesor di Functional Material Laboratory, ETH Zurich.

Proyek pengarsipan musik yang unik ini diharapkan akan selesai dalam waktu dua bulan ke depan.

Sebelumnya Microsoft juga telah melakukan proyek serupa dengan kapasitas data yang dibenamkan ke DNA sebesar 200 megabit.

Related posts

Leave a Comment