Bercocok Tanam di Luar Angkasa Bukan Lagi Mimpi Belaka

Liputan6.com, Jakarta – Siapa bilang sayuran tidak bisa tumbuh di luar angkasa?

Buktinya, pada 2015 lalu, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS, International Space Station) sukses mengolah selada di ruang hampa udara.

Tak sampai di situ, astronom bahkan berencana untuk menanam lebih banyak jenis sayuran lainnya. Rencana ini sudah matang dan akan dilakukan mulai 2021. Teknologi tersebut diberi nama ‘Veggie’.

Baca Juga

NASA Rancang Kota Masa Depan di Luar Angkasa, Begini PenampakannyaFokus Bikin Pesawat Luar Angkasa, SpaceX Pangkas 10 Persen Karyawan5 Peristiwa Luar Angkasa yang Patut Dinanti Tahun Ini

Informasi ini disampaikan oleh Norwegian University of Science and Technology (NTNU).

Tujuan rencana tersebut tak lain adalah ingin menyediakan nutrisi yang mencukupi dari sayuran kepada astronot dan kosmonot, selama mereka melakukan tugas di luar angkasa.

“Astronot itu kalau bisa harus makan makanan segar, seperti stroberi, tomat, dan jenis sayuran lain yang menyehatkan. Dan kami tengah berupaya mewujudkan hal tersebut,” kata Silje Wolff, ahli fisiologi tanaman untuk luar angkasa NTNU, sebagaimana dilansir Geek, Senin (14/1/2019).

“Yang kami bayangkan, nanti akan ada beberapa rumah kaca di luar angkasa yang akan berisi sejumlah sayuran yang dibudidayakan,” lanjutnya menerangkan.

Original Source

Related posts

Leave a Comment