China Berencana Bikin Pangkalan di Bulan, Ini Tantangannya

JAKARTA- China telah berhasil melakukan pendaratan bersejarah Chang’e 4 ke sisi gelap bulan pada 3 Januari 2019. Ini menjadi bersejarah karena sisi gelap atau sisi terjauh bulan jarang diteliti.

Dilansir dari laman The Conversation, Jumat (18/1/2019), menindaklanjuti penelitian, China mengumumkan rencananya untuk melanjutkan tiga misi, salah satunya meletakan pangkalan di Bulan.

loading…

Kemajuan teknologi, dan penemuan sumber air yang cukup dekat dengan kutub bulan, telah membuat gagasan ini semakin menarik. Jika ini benar terjadi maka akan menjadi Pangkalan Bulan pertama.

Lebih lanjut, pangkalan bulan pertama kemungkinan akan menjadi fasilitas tak berawak yang dijalankan oleh robot otomatis yang mirip dengan gudang Amazon. Ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa infrastruktur dan sistem pendukung yang diperlukan beroperasi penuh sebelum awak datang.

Chang'e 4

Baca Juga: China Tumbuhkan Tanaman Pertama di Bulan

Lingkungan bulan rentan terhadap kondisi vakum yang dalam, fluktuasi suhu yang kuat dan radiasi matahari, di antara kondisi-kondisi lain yang memusuhi manusia. Lebih penting lagi, belum diketahui dampak jangka panjang pada tubuh manusia berada di luar angkasa, dan di Bulan.

Benih yang dibawa ke Bulan oleh misi Chang’e-4 kini dilaporkan tumbuh. Ini adalah pertama kalinya tanaman tumbuh di Bulan. Tampaknya misi ini akan membuka jalan bagi pertanian masa depan di pangkalan bulan.

Membangun basis bulan tidak berbeda dengan membangun rig minyak pertama di laut. Logistik bagian konstruksi yang bergerak harus dipertimbangkan, studi kelayakan harus dilakukan dan, dalam hal ini sampel tanah harus diuji.

China telah mengambil langkah pertama dengan memeriksa tanah di permukaan bulan. Ini diperlukan untuk membangun habitat bawah tanah dan infrastruktur pendukung yang akan melindungi pangkalan dari kondisi permukaan yang keras.

Dari semua teknologi yang memungkinkan untuk membangun pangkalan bulan, 3D printing menawarkan strategi yang paling efektif. 3D printing di Bumi telah merevolusi produktivitas dan efisiensi produksi, mengurangi limbah dan biaya.

Visi Tiongkok adalah mengembangkan kemampuan untuk 3D printing baik di dalam maupun di luar pangkalan bulan. 3D printing memiliki potensi untuk membuat semuanya, mulai dari barang sehari-hari, seperti gelas minum, hingga bagian perbaikan untuk pangkalan.

Akan tetapi 3D printing dapat menjadi tantangan, pasalnya ini akan membutuhkan teknologi baru yang dapat beroperasi di lingkungan gravitasi mikro Bulan. Mesin cetak 3D yang mampu membentuk bagian dalam ruang hampa udara harus dikembangkan.

Diketahui bahwa material Bumi, seperti serat optik, mengubah sifat ketika berada di luar angkasa. Jadi bahan yang efektif di Bumi, mungkin tidak efektif di Bulan.

Apa pun tujuan penggunaan komponen 3D printing harus tahan terhadap kondisi lingkungan bulan. Jadi pengembangan bahan cetak sangat penting. Selangkah demi selangkah, para peneliti menemukan dan mengembangkan bahan dan teknologi baru untuk mengatasi tantangan ini.

Chang'e 4

Baca Juga: Google Assistant Dorong Perangkat TV Pintar hingga Headphone

Sebagai contoh, para peneliti di Jerman berharap untuk memiliki alat stainless steel siap pakai pertama yang akan dicetak 3D di bawah gaya berat mikro dalam waktu dekat. NASA juga mendemonstrasikan teknologi 3D printing dalam gravitasi nol yang menunjukkan layak untuk mencetak 3D di luar angkasa.

Dalam skala yang lebih besar, manusia telah melihat rumah-rumah sedang dicetak 3D di Bumi. Dengan cara yang sama, dasar bulan kemungkinan akan dibangun menggunakan bagian-bagian pabrikasi dalam kombinasi dengan pencetakan 3D skala besar.

Contoh dari apa yang terlihat seperti ini dapat dilihat pada entri dalam tantangan habitat cetakan 3D, yang dimulai oleh NASA pada 2005. Kompetisi ini berupaya untuk memajukan teknologi konstruksi pencetakan 3D yang diperlukan untuk menciptakan solusi perumahan yang berkelanjutan untuk Bumi, Bulan, serta Mars.

Baca Juga: Ini Bahaya Login ID Apple Sembarangan

Sebelumnya
1 / 2
Selanjutnya

TAG : Pangkalan BulanMisis di BulanChang

Original Source

Related posts

Leave a Comment