Facebook Simpan ‘Jutaan’ Password Instagram Tak Terenkripsi

JAKARTA – Jutaan password pengguna Instagram kabarnya disimpan tanpa terenkripsi dari server internal, Facebook mengatakan hal ini pada Kamis. Perusahaan mengatakan bahwa pihaknya menemukan tambahan logs dari password Instagram yang disimpan dalam format yang dapat dibaca.

“Kami kini mengestimasi bahwa isu ini berdampak jutaan pengguna Instagram,” kata Facebook dalam posting-an blog, seperti dikutip Japantoday, Jumat (19/4/2019).

BERITA TERKAIT + Facebook Tertarik Bikin Layanan Voice Assistant Saingi Alexa?Mark Zuckerberg Sebar Data Sensitif Pengguna Facebook?Facebook Didesak Matikan Fitur ‘Like’ untuk Pengguna Anak-Anak

Menurut perusahaan, investigasi telah menentukan bahwa kata sandi yang disimpan ini tidak disalahgunakan secara internal atau diakses secara tidak benar.

Pada bulan lalu, Facebook mengungkap bahwa ada kata sandi yang tidak terenkripsi dari ratusan juta pengguna. Informasi tersebut menempatkan jumlah pengguna Instagram yang terpengaruh konon mencapai puluhan ribu.

Facebook menjadi sorotan terkait bagaimana perusahaan menangani data pribadi pengguna. Seperti diketahui, Facebook menjadi perhatian pada tahun lalu terkait kasus Cambridge Analytica, sebuah konsultasi politik, yang menggunakan aplikasi yang mungkin telah membajak rincian pribadi 87 juta pengguna.

Facebook telah mengumumkan serangkaian langkah untuk memperketat penanganan data, termasuk menghilangkan sebagian besar kemitraan berbagi data dengan perusahaan luar.

Baca juga: Rumitnya Jeroan Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold, Intip Fotonya

(ahl)

TAG : media sosialInstagramFacebook

Original Source

Related posts

Leave a Comment