Fungsi VGA Card dan Jenisnya, Gamers Wajib Tahu

1. VGA Card On Board

VGA card On Board adalah VGA card yang biasa kita temukan pada komputer ataupun laptop dengan spesifikasi standar. Biasanyaa komputer atau laptop dengan VGA on board ini tidak digunakan untuk gaming ataupun desain grafis.

Seperti namanya, VGA on board merupakan jenis VGA yang sudah menyatu dengan motherboard dari suatu komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan VGA on board tidak dapat di upgrade menjadi lebih tinggi kualitasnya.

VGA onboard sendiri juga lebih banyak digunakan pada fitur standar dari suatu software, sehingga kebanyakan laptop ataupun komputer yang memiliki VGA on board tidak terlalu unggul dalam hal grafisnya. Apabila kita hanya menginginkan komputer atau laptop dengan fitur standar, maka laptop dengan VGA on board ini cocok buat kita.

2. VGA Card

VGA card ini merupakan kartu grafis yang terpisah dari komputer atau laptop.

Bagi kita yang senang dengan tampilan grafis, bermain game dan juga melakukan desain, maka komputer dengan VGA Card ini merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

Ada beberapa jenis VGA Card berdasarkan besar memorinya, yaitu:

– Dynamic RAM (DRAM)

VGA card DRAM ini biasanya digunakan di komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

– EDO RAM

VGA Card EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.

– SGRAM (VRAM)

VGA Card SGRAM atau VRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lain-lain.VGA Card

– RAMBUS

VGA Card RAMBUS ini biasanya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Original Source

Related posts

Leave a Comment