Google Luncurkan WifiRttScan App Untuk Fasilitasi Pengembang

WifiRttScan App Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Selaras dengan salah satu fitur baru di Android 9 Pie, yakni Wi-Fi Round Trip Time (RTT), Google meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama WifiRttScan App melalui toko aplikasinya, Google Play Store.

Bagi yang belum tahu, Wi-Fi RTT merupakan fitur baru yang mengizinkan sistem atau aplikasi menggunakan Wi-Fi 802.11mc untuk mengukur jarak ke titik akses Wi-Fi terdekat yang bisa berguna dalam menentukan posisi.

Meskipun sebenarnya sudah ada sistem lokasi berbasis Global Positioning System (GPS), namun masih dibutuhkan sistem lokasi yang lebih akurat, terutama untuk penggunaan di dalam ruangan.

Untuk itu, raksasa teknologi di balik pengembangan sistem Android mengeksplorasi teknologi beacon sebagai alternatif sistem posisi dengan memanfaatkan protokol Wi-Fi IEEE 802.11mc.

Dengan memanfaatkan pengukuran jarak dari tiga atau lebih access point (hotspot), sistem posisi ini mampu menampilkan lokasi secara lebih akurat hingga satu hingga dua meter meskipun digunakan di dalam ruangan.

Google pun menawarkan fitur baru ini melalui Android 9 Pie. Dan menariknya, saat ini para pengembang sudah bisa memanfaatkan sistem posisi ini melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) RTT, untuk mengembangkan aplikasinya.

Dengan sistem posisi berbasis Wi-Fi ini, para pengembang bisa membantu orang-orang saat menentukan lokasi saat berada di pusat perbelanjaan, stadion, konferensi, atau tempat besar lainnya.

Selain itu, sistem posisi baru ini juga menawarkan pengalaman baru, seperti layanan dan sistem informasi berbasis lokasi yang lebih baik. Sebagai contohnya, misal untuk menampilkan produk spesial atau promosi dari sebuah toko dalam sebuah pusat perbelanjaan.

Sebagai alat penelitian, demonstrasi, atau perlengkapan pengujian dalam bidang ini, Google pun meluncurkan WifiRttScan App melalui akun Developed with Google di Google Play Store.

Bagi yang tertarik menggunakannya, aplikasi yang hanya berukuran 2,5 MB ini mengharuskan pengguna memberikan izin Lokasi untuk menampilkan daftar access point yang mampu melakukan RTT menggunakan SSID dan BSSID.

Dengan aplikasi ini, pengguna Android 9 ke atas bisa mendapatkan informasi mengenai jarak (dalam meter) dari access point yang ditampilkan, sekaligus garis lintang, garis bujur dan ketinggian jika tersedia.

Sebagai tambahan informasi, meskipun baru diluncurkan di Google Play Store pada tanggal 10 April 2019 kemarin, aplikasi demo ini sebenarnya telah diluncurkan secara terbatas di platform GitHub delapan bulan yang lalu.

[Sumber: 9to5google]

Original Source

Related posts

Leave a Comment