Ini Alasan Apple Pilih Kata ‘Hey Siri’ untuk Aktifkan Siri

JAKARTA – Asisten digital kini sudah seperti fitur wajib yang tersedia di berbagai perangkat cerdas, seperti smartphone atau speaker cerdas. Untuk mengaktifkan asisten digital pun kini semakin beragam, mulai dari menyentuh tombol tertentu atau menggunakan suara.

Salah satu contoh yang menggunakan suara untuk mengaktifkan perangkat cerdas adalah Apple, dengan fitur Siri mereka. Pengguna cukup menyebut ‘Hey Siri’, dengan diikuti pertanyaan atau sebuah tugas tertentu. Lantas, mengapa Apple memilih menggunakan frasa kata tersebut?

Ternyata, pemilihan kata ini dikarenakan frasa kata ini sangat natural dikatakan oleh manusia. Apa lagi, saat mereka ingin memanggil nama orang lain yang sangat akrab dengan mereka.

Baca Juga : Apple Ternyata Punya iPhone X Edisi Emas, Ini Penampakannya!

“Ungkapan ‘Hey Siri’ pada awalnya dipilih sealami mungkin. Bahkan, hal sangat alami bahwa bahkan sebelum fitur ini diperkenalkan, saat menekan tombol home dan secara tidak sengaja mereka menyebut ‘Hei Siri’,” jelas pihak Apple seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (20/4/2018).

Selain itu, perusahaan asal Cupertino tersebut juga mengatakan jika mereka sempat mengalami kesulitan untuk menangani aktivasi yang tak disengaja. Salah satunya adalah saat ada orang lain yang menyebut frasa kata yang mirip dengan ‘Hey Siri’.

Akan tetapi, mereka berhasil membuat sebuah solusi dalam kode mereka. Sehingga, microphone yang terdapat baik di iPhone atau di Home Pod hanya aktif dengan frasa kata tersebut saja.

Baca Juga : Apple Akan Tutup iTunes Store?

Sayangnya, kini Apple tengah mengalami kendala dalam masa pengembangan Siri. Hal ini dikarenakan asisten digital yang terdapat di iOS tersebut tidak cukup mampu untuk bersaing langsung dengan Google Assistant atau Alexa milik Amazon.

Hal ini dikarenakan Siri memiliki banyak masalah dengan kode yang ada di dalamnya. Sehingga sampai saat ini, tingkat kecerdasan Siri masih jauh jika dibandingkan dengan kedua asisten pribadi tersebut.

Akan tetapi, belakangan ini mereka sedang serius untuk mengembangkan Siri agar lebih pintar. Salah satunya adalah dengan memboyong ahli pengembang artificial Intelligence (AI) dari Google serta melakukan perekrutan tim AI secara besar-besaran. (chn)

(kem)

Related posts

Leave a Comment