Jokowi Tegaskan Revolusi Industri 4.0

INILAHCOM, Jakarta – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo resmi dibuka hari ini, Kamis (19/4/2017). Presiden RI Joko Widodo membuka pameran otomotif ini di Ruang Semeru, Gedung Pusat Niaga Lantai 6, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi memaparkan bahwa saat ini sedang terjadi revolusi industri 4.0 di industri otomotif. Indonesia diyakini bisa menggarap peluang besar ini.

“Saya percaya dengan revolusi industri 4.0, industri otomotif akan melonjak jauh. Jenis pekerjaan akan bergeser dan berubah dari biasanya. Juga jumlah pekerja akan bertambah,” ujar Jokowi.

Adapun yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 adalah perkembangan teknologi di dunia yang semakin maju menuntut industri untuk berubah lebih cepat.

Jokowi percaya akan ada gejolak teknologi di dunia otomotif. Akan ada transisi ke generasi baru yang membuka peluang yang luar biasa.

“Saat ini yang kita perlukan adalah melek. Artinya mencermati, mengikuti dan mempersiapkan secara cepat. Kita harus siap dan saya yakin kita bisa menggarap peluang ini,” ujarnya.

Jokowi memberi contoh, saat ini tidak hanya LRT, MRT, dan Busway yang terus dikembangkan oleh pemerintah. Diharapkan ke depannya akan ada mobil publik.

Sehingga mobil pribadi yang biasanya digunakan hanya 2-4 jam sehari, menjadi 1 mobil bisa dipakai banyak orang dalam waktu lebih lama yakni 8-12 jam atau mungkin saja 24 jam.

Optimisme Jokowi tergambar dari jumlah peserta dari Agen Pemegang Merek (APM) yang ikut dalam ajang IIMS 2018.

Sebagai menu utama pameran, produsen mobil yang datang terbilang lengkap dan tampil all-out. Sebut saja merek besar dari Jepang seperti Honda, Suzuki, Mazda, Daihatsu, Datsun, Mitsubishi, Nissan dan Toyota.

Ada juga Audi-VW, BMW-MINI, dan Mercedes-Benz dari Jerman, Korea diwakili oleh Hyundai, Chevrolet dari Amerika Serikat, serta Wuling Motors dan DFSK yang bawa Glory 580 mewakili negeri Tirai Bambu.

Dari motor, ada Honda, Suzuki, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Vespa, Piaggio, Royal Enfield, Aprilia, Moto Guzzi, Harley Davidson, Triumph, Husqvarna, Benelli, dan KTM.

Ada pula sepeda motor listrik Zero Motorcycle. Namun Zero bukan peserta IIMS, melainkan penyedia motor untuk kegiatan lelang.

Di lain pihak, industri pendukung juga ikut meramaikan acara di hall B dengan label PAHAMI Village. Ada juga mobil listrik karya mahasiswa yang sudah banyak mendapatkan penghargaan di kompetisi luar negeri.

Usai memberi kata sambutan dan membuka secara resmi gelaran IIMS 2018, Jokowi meninjau area pameran dengan mengunjungi booth para peserta pameran.

Related posts

Leave a Comment