Lenovo Yoga C930 dan S730, Laptop Premium untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

VIVA – Raksasa teknologi China, Lenovo, memperkenalkan dua seri laptop premium dari keluarga Yoga, yakni Yoga C930 dan Yoga S730, di Indonesia. Untuk pertama kalinya, kedua perangkat ini diperkenalkan pada gelaran IFA (Internationale Funkausstellung Berlin) 2018 di Berlin, Jerman.

Consumer Lead Lenovo Indonesia, Helmy Sutanto mengatakan, sebagai produsen PC nomor satu, menurut International Data Corporation (IDC), pihaknya menciptakan produk yang bisa menunjang kebutuhan user atau pengguna.

“Kedua perangkat ini memiliki berbagai fitur canggih. Sangat cocok bagi pelaku ekonomi kreatif untuk tetap berkarya ataupun bagi mereka yang baru mau mulai di sektor tersebut,” kata dia di Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018.

Laptop Lenovo Yoga C930 dengan digital pen

Laptop Lenovo Yoga C930 dengan digital pen

Sementara itu, Consumer 4P and T1 Lead, Julius Tjin, menjelaskan mengenai spesifikasi dari keduanya. Yoga C930 memiliki desain yang dapat diputar 360 derajat, sehingga dapat memanjakan seluruh indera pengguna. Dibandingkan generasi sebelumnya, Tjin mengaku bahwa perangkat ini memiliki slot untuk digital pen.

“Sekarang tidak perlu khawatir hilang atau ketinggalan karena sudah ada tempat khusus pengguna meletakkan pen-nya. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat, ketika baterai pen habis, pengguna bisa mengisi baterai di tempatnya langsung,” ujarnya.

Untuk suara, perangkat ini merupakan yang pertama memberi pengalaman audio tiga dimensi yang menggunakan teknologi Dolby Vision hingga UHD. Tjin juga tidak lupa menyisipkan fingerprint reader untuk mengamankan data pengguna.

Fitur terbaru selanjutnya adalah Trueblock Privacy Shutter, yang berfungsi untuk menutup kamera saat tidak digunakan oleh pengguna. Yoga C930 menggunakan prosesor Intel Core i7 dengan RAM 16GB. Perangkat yang memiliki bentang layar 13,9 inchi ini dibanderol Rp26 juta.

Lenovo Yoga S730

Lenovo Yoga S730

Selanjutnya, perangkat Yoga S730. Menurut Tjin, mengawali namanya dengan huruf ‘S’, perangkat ini merupakan laptop tertipis milik Lenovo yang tebalnya hanya mencapai 11,9 mm dengan berat hanya 1,1 kg.

“Perangkat ini cocok bagi pekerja yang memiliki mobilitas yang tinggi. Biasanya bagi mereka yang tidak ingin membawa perangkat yang berat, S730 akan sangat membantu,” jelas dia.

Jika Yoga C930 bisa ditekuk hingga 380 derajat, perangkat ini juga dapat terbuka hingga 180 derajat. Untuk dapur pacu mereka menanamkan Intel Core i7 dengan RAM 18GB.

Perangkat ini memiliki dual-cooling, yang mengalirkan udara melalui ventilasi di keyboard dan engsel. Baterainya bisa bertahan hingga 12 jam, dan dilapisi fitur rapid charge, yaitu mampu mengisi daya baterai hingga 80 persen dalam satu jam.

Untuk suara, perangkat ini pakai Dolby Atmos Speaker System. Sedangkan, keamanannya dibentengi oleh fingerprint reader. Yoga S730 yang memiliki bentang layar 13,3 inchi ini nilai jualnya sebesar Rp18 juta. (ase)

Related posts

Leave a Comment