Peluang Buat yang Ingin Kursus Teknologi AI dari Google, Gratis

VIVA – Tantangan Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) di bidang IT. Hal itu dikatakan Kepala Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar, di Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018.

“Rata-rata skill IT di Indonesia ini masih kurang. Terutama AI. Jadi, IT saja sudah kurang, kalau AI sangat kurang,” katanya saat memberi sambutan di acara Google Developer Showcase 2018.

Pernyataan yang dilontarkan Basuki itu bisa jadi kabar yang tak menyenangkan. Akan tetapi, dapat menjadi peluang buat kamu untuk mengisi kekosongan tenaga IT, khususnya AI.

Kabar baiknya, Google baru saja meluncurkan materi kursus tentang machinelearning yang disebut Machine Learning Crash Course (MLCC) dalam Bahasa Indonesia.

Buat kamu yang belum familiar dengan machinelearning, istilah itu berarti pembelajaran mesin, cabang dari kecerdasan buatan (AI), yaitu disiplin ilmu yang mencakup perancangan dan pengembangan algoritma yang memungkinkan komputer untuk mengembangkan perilaku berdasarkan data empiris, seperti dari sensor basis data.

Kursus yang diinisiasi oleh Google ini, merupakan bagian dari “Learn with Google AI”, dan bisa diakses secara gratis. Dalam kursus ini terdapat latihan pemrograman, visualisasi yang interaktif, dan video dari pakar Machine Learning di Google.

“Di tahun-tahun mendatang, AI memiliki potensi yang lebih besar lagi dalam memberikan kemampuan untuk memecahkan permasalahan di Indonesia,” kata Danny Ardianto, Public Policy and Government Relation Manager Google Indonesia di kesempatan yang sama.

“Machine Learning dari Google adalah salah satu cara untuk memulai belajar machine learning, dibuat oleh para ahli dari Google, diharapkan dapat membantu siapa pun yang ingin belajar konsep dasar machine learning,” imbuhnya.

MLCC diklaim telah digunakan oleh lebih dari 20.000 karyawan Google untuk mempelajari dasar-dasar tentang machine learning. Materi kursus MLCC dapat diakses di alamat developers.google. (sar)

Related posts

Leave a Comment