Peristiwa Tunguska, Hantaman Asteroid Sebabkan Ledakan Besar pada 1908

JAKARTA – Peristiwa Tunguska merupakan ledakan besar yang terjadi dekat Stony Tunguska River di Yeniseysk Governorate (kini Krasnoyarsk Krai), Rusia. Peristiwa alam ini terjadi pada pagi hari, 30 Juni 1908.

Ledakan yang terjadi di area ini meratakan hutan seluas 2.000 kilometer persegi (770 mil persegi) dan tidak memakan korban manusia. Ledakan ini umumnya dikaitkan dengan semburan meteorid.

Ini diklasifikasikan sebagai dampak dari kejadian ledakan dan tidak ada dampak kawah yang ditemukan. Objek meteor ini diduga telah hancur pada ketinggian 5 hingga 10 kilometer (3 hingga 6 mil) daripada menyentuh permukaan Bumi.

Peristiwa Tunguska adalah peristiwa dampak terbesar di Bumi yang tercatat dalam sejarah. Studi telah menghasilkan perkiraan yang berbeda dari ukuran meteoroid, pada urutan 60 hingga 190 meter (200 hingga 620 kaki).

Sejak tahun 1908, diperkirakan ada 1.000 makalah ilmiah (kebanyakan dalam bahasa Rusia) yang diterbitkan terkait ledakan Tunguska. Pada 2013, sebuah tim peneliti menerbitkan hasil analisis sampel mikro dari rawa gambut di dekat pusat daerah yang terkena dampak, menunjukkan fragmen yang mungkin berasal dari meteorit.

Wikipedia menerangkan, perkiraan awal energi semburan udara berkisar antara 10-15 megaton TNT hingga 30 megaton TNT. Estimasi 15 megaton mewakili energi sekira 1.000 kali lebih besar daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Baca juga: 5 Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Internet Anda

Diperkirakan bahwa ledakan Tunguska merobohkan sekira 80 juta pohon di atas lahan seluas 2.150 km2 dan gelombang kejut dari ledakan itu mencatatkan 5,0 pada skala kekuatan Richter.

Ledakan sebesar ini akan mampu menghancurkan daerah metropolitan besar, tetapi, karena letaknya yang terpencil, kabarnya tidak ada korban jiwa manusia yang secara resmi didokumentasikan.

Baca juga: Ingin Periksa Isi Chatting WhatsApp Anak Anda, Begini Caranya

Peristiwa ini telah mendorong diskusi tentang penghindaran dampak asteroid.

(ahl)

Related posts

Leave a Comment